get app
inews
Aa Read Next : Gerindra dan Nasdem Kabupaten Tasikmalaya Koalisi untuk Pilkada 2024

Forum Mahasiswa Kabupaten Tasikmalaya Gelar Aksi Unjuk Rasa Dugaan Korupsi Anggaran Pembangunan IGD

Jum'at, 23 Juni 2023 | 22:53 WIB
header img
Forum Mahasiswa Kabupaten Tasikmalaya Gelar Aksi Unjuk Rasa Dugaan Korupsi Anggaran Pembangunan IGD. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Forum Mahasiswa Kabupaten Tasikmalaya (Formakata) menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Raya Pemda Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (23/6/2023).

Aksi unjuk rasa Formakata tersebut terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung Instagalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SMC Kabupaten Tasikmalaya, dengan total anggaran pembangunan sebesar Rp 11.969.031.087,00. 

Dalam aksinya, para mahasiswa memasang poster dan membentangkan spanduk tuntutan terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi pembangunan IGD RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Umum Formakata Haikal Mubarok mengatakan, dugaan adanya tindak pidana korupsi tersebut berawal dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tasikmalaya tahun 2021.

“Dari LHP tersebut dimuat bahwa volume pembangunan gedung IGD kurang dari yang ditetapkan dalam kontrak sebesar Rp434.135.747 serta denda keterlambatan sebesar Rp210.598.788. sehingga total yang yang harus dikembalikan sebesar Rp644.734.535,” ujar Haikal.

Menurutnya, sesuai ketentuan bahwa seharusnya dalam waktu 60 hari setelah diserahkan LHP, pihak rumah sakit harus sudah mengembalikan uang tersebut ke kas negara. Namun, nyatanya LHP tersebut telah diserahkan ke BPK RI pada Mei 2022 lalu.

Ia menyebut, pembangunan IGD RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya selesai pada awal Januari 2022. Namun, hingga kini pihak rumah sakit belum sepenuhnya mengembalikan uang tersebut ke kas negara.

“Ketika pengembalian uang tersebut memakan waktu hinga bertahun-tahun, maka kami menduga adanya tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum pihak RSUD SMC atas pembangunan bangunan IGD di RSUD SMC tersebut,” ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut