get app
inews
Aa Read Next : Konfercab ke-XV PMII Kota Tasikmalaya, Fahmi Sidik Terpilih Sebagai Ketua Baru

Pemuda Tasikmalaya Sukses Usaha Donat, dari Jualan di Gerobak Kini Omzetnya Capai Rp230 Juta Sebulan

Senin, 19 Juni 2023 | 09:48 WIB
header img
Ega Nur Akbar Malik, pengusaha muda sukses jualan donat dengan 11 outlet beromzet Rp230 juta sebulan. Foto: YouTube Naik Kelas

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Ega Nur Akbar Malik pemuda asal Tasikmalaya sukses mengembangkan usaha donat miliknya. Pengusaha muda berusia 25 tahun ini, sekarang telah memiliki 11 outlet Donat Si Bungsu. Dengan modal komitmen dan resep donat dari sang ayah, usahanya ini berkembang pesat.

Perhari usaha Ega ini mampu menjual hingga 2.000 donat. Adapun omzet yang diraupnya bisa mencapai hingga Rp230 juta per bulan.

“Donat Si Bungsu bisa terjual setiap hari rata-rata sekitar 2.000 donat. Harga donat yang reguler itu Rp4.000 per piece dan donat karakter Rp5.000 per piece. Per bulan omzet bisa Rp200-Rp230 juta,” kata dia, dikutip dari YouTube Naik Kelas, Senin (19/6/2023). 

Kisah sukses Ega menjadi pengusaha donat dimulai dari jualan di pinggir jalan dengan gerobak. Namun, Ega terus mengembangkan cita rasa dari resep donat yang dimiliki ayahnya.

Ega pun berupaya mencari bahan-bahan terbaik dan mengembangkan variasi donat yang dijual, seperti menjual donat karakter dan sebagainya. Bahkan, dia mengembangkan varian donat asin dengan menggunakan topping abon atau saos. 

Ega memulai usaha setelah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya di sebuah mal di Bekasi. Setelah kembali ke kampung halamannya, dia belajar membuat donat dari ayahnya yang dulu juga berjualan donat. Setelah belajar dan mampu membuat donat sendiri, Ega memutuskan membeli gerobak dan mesin dengan kapasitas 5 kilogram (kg).

“Jadi tidak selalu kita mau mulai usaha tidak harus pakai modal besar. Asal kemauan yang tinggi kan segala macam bisa terjadi. Itu buktinya saya bisa dapat mesin dan gerobak dan bisa berjalan usahanya,” ujar dia.

Tentu tidak mudah dalam mengembangkan bisnis donat tersebut. Ega mengatakan, ketika baru pertama kali membuka outlet, ada pembeli yang mencicipi donat dan langsung membuangnya tanpa mengucap sepatah kata pun. Berbagai evaluasi dan pembenahan pun dilakukan untuk mendapatkan resep terbaik dan menggunakan bahan-bahan berkualitas, hingga akhirnya mampu menjual donat hingga 2.000 pieces per hari saat ini.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut