get app
inews
Aa Read Next : Forum Gapoktan Kota Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan pada Viman Alfarizi untuk Pikada 2024

Segarnya Es Doger, Minuman Tradisional Asal Cirebon yang Beredar Luas di Jabar hingga Tasikmalaya

Minggu, 07 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Segarnya Es Doger, Minuman Tradisional Asal Cirebon yang Beredar Luas di Jabar hingga Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Es Doger merupakan minuman yang terbuat dari serutan es dicampur dengan susu dan kelapa. Selain itu, es doger juga dicampur dengan potongan roti tawar, tape ketan hitam, sakoteng, dan tape ketan singkong.

Es doger merupakan es tradisional yang berasal dari Cirebon. Namun, dibeberapa daerah di Jawa Barat, seperti di Tasikmalaya, banyak pedagang yang menjual es doger.

Sebagian orang mungkin belum tahu kenapa minuman dingin ini dinamakan es doger. Diketahui, kata doger sendiri merupakan singkatan atau akronim dari dua buah kata yakni dorong dan gerobak. Sehingga es doger adalah es yang dijual dengan cara didorong menggunakan gerobak atau dorong gerobak (doger).

Hampir sama dengan pedagang es tradisional lainnya, penjual es doger menggunakan lonceng kecil sebagai tanda untuk memberi tahu pembeli. Biasanya lonceng itu dipasang di sebelah kanan pegangan gerobak dan untuk membunyikannya cukup digoyangkan dengan tangan kanan sembari mendorong gerobak.

Harga satu gelas atau cup es doger barvariasi tergantung penjual dan toping yang diinginkan. Mulai dari yang Rp5.000 per gelas/mangkuk hingga Rp17.500 per gelas/mangkuk.

Di Kota Tasikmalaya, banyak pedagang yang menjual es doger. Seperti di kawasan kompleks olahraga Dadaha, Jalan Pasar Wetan, dan ada juga yang berkeliling dari kampung ke kampung.

Salah seorang pedagang es doger, Rahmat Hidayatullah (35) warga Kuda Depa, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, mengatakan, dia sudah berjualan es doger sejak 2010. Dia setiap hari mangkal di kompleks olahraga Dadaha, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, sampingn GOR Sukapura.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut