get app
inews
Aa Read Next : H-4 Lebaran, Terminal Tipe A Kota Banjar Sepi Pemudik

3 Siap yang Harus Dipenuhi Sebelum Mudik Lebaran, Ini Kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota

Minggu, 16 April 2023 | 20:16 WIB
header img
3 Siap yang Harus Dipenuhi Sebelum Mudik Lebaran, Ini Kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Ada 3 siap yang harus dipenuhi oleh pemudik saat mudik Lebaran. 

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Tasikmalaya Kota AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, warga yang hendak mudik harus benar-benar mempersiapkan segalanya.

Menurutnya, ada 3 siap yang harus dipenuhi oleh pemudik saat mudik. Pertama yakni siap kendaraan, kedua siap fisik, dan ketiga siap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas.

“Siap yang pertama itu siap kendaraannya. Artinya sebelum mudik, kendaraan harus benar-benar dalam kondisi laik jalan. Cek kondisi mesin, oli mesin, sistem pengereman, dan yang lainnya,” kata AKP Tejo, Minggu (16/4/2023).

Lanjut AKP Tejo, kondisi fisik pengendara atau pengemudi juga harus siap. Artinya sehat secara jasmani maupun rohani.

“Kalau sudah merasa lelah saat berkendara sempat untuk istirahat sejenak. Kita sudah siapkan rest area di sepanjang jalur mudik di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota. Bisa istirahat di pos maupun polsek yang ada di pinggir jalan,” ujarnya.

Untuk siap yang ketiga yakni siap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan dari petugas yang bertugas di lapangan. Lengkapi surat-surat kelengkapan berkendara yakni STNK dan SIM serta memakai helm SNI bagi pengendara roda dua.

“Disiplin dan mematuhi aturah lalu lintas serta arahan dari petugas di lapangan, agar perjalanan mudik dapat berlangsung aman dan lancar,” ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut