get app
inews
Aa
Read Next : Wakasad Letjend TNI Tandyo Budi R Cek Fasdik Wilayah Kodam III Siliwangi

Jelang Mudik Lebaran 2023, PT KAI Daop 2 Bandung Lakukan Tes Narkoba Awak Kereta Api

Sabtu, 08 April 2023 | 13:34 WIB
header img
Jelang Mudik Lebaran 2023, PT KAI Daop 2 Bandung Lakukan Tes Narkoba Awak Kereta Api. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsTasikmalaya.id – PT Kereta Api (KAI) Daop 2 Bandung melakukan tes narkoba kepada puluhan petugasnya. Tes tersebut sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan petugas PT KAI Daop 2 Bandung terlebih jelang mudik Lebaran 2023.

Pemeriksaan berupa tes urine tersebut dilaksanakan di Stasiun Kiaracondong, Bandung. Sedikitnya 50 pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari masinis, asisten masinis, teknisi kereta api dan pengatur perjalanan kereta api (PPKA) menjalani tes.

Petugas Polisi Khusus KA (Polsuska), penjaga perlintasan (PJL) serta petugas langsir, turut menjalani tes urine.

“Selain mempersiapkan sarana dan prasarana serta fasilitas penumpang untuk memastikan operasional KA masa angkutan Lebaran aman, Daop 2 Bandung juga berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan tes narkoba secara acak," kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, dikutip dari iNewsJabar.id, Sabtu (8/4/2023).

Menurutnya, petugas yang akan melaksanakan tugas terlebih dulu dilakukan pemeriksaan urine atau tes narkoba di luar jadwal rutin pemeriksaan. Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada pelanggan KA selama dalam perjalanan untuk menyambut angkutan Lebaran 2023. 

"Diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan tes narkoba ini dapat meyakinkan bahwa ASP yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung," ujarnya.

Pemeriksaan atau tes narkoba ini sebagai langkah nyata dalam penanggulangan nakotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang (Napza) di lingkungan PT KaI Daop 2 Bandung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut