get app
inews
Aa Read Next : Kota Tasikmalaya Diterjang Angin Kencang, 7 Rumah di Purbaratu Rusak

BPBD Kota Tasik: Kerugian Dampak Bencana Angin Kencang Capai Ratusan Juta Rupiah

Senin, 27 Desember 2021 | 17:11 WIB
header img
BPBD Kota Tasik: Kerugian Dampak Bencana Angin Kencang Capai Ratusan Juta Rupiah. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menyebut, dampak bencana alam yang melanda Kota Tasikmalaya pada Minggu (26/12/2021) mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar Surahman mengatakan, kejadian bencana alam yang melanda Kota Tasikmalaya diakibatkan hujan deras disertai angina kencang.

“Kalau korban jiwa gak ada. Tapi kerugian materi dampak bencana kemarin diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, karena dari satu titik lokasi bencana diprediksi ada yang rugi Rp20 juta, Rp50 juta  hingga Rp 100 juta,” ujar Ucu, Senin (27/12/2021).

Dikatakan Ucu, bencana alam yang terjadi di Kota Tasikmalaya pada Minggu (26/12/2021) hampir terjadi diseluruh wilayah di Kota Tasikmalaya. Rata-rata laporan yang diterima BPBD adalah bencana pohon tumbang.

 

“Data yang ada di kami saat ini ada 25 titik lokasi kejadian. Paling banyak memang pohon tumbang,” kata dia.

Menurutnya, dengan tingginya intensitas hujan saat ini, BPBD Kota Tasikmalaya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang ada di sekitar lingkungannya masing-masing.

 

“Kenali potensi bencananya untuk meminimaliris korban,” ucapnya.

Ucu menyebut, pohon tumbang yang terjadi di Kota Tasikmalaya rata-rata usianya sudah terlalu tua, dan kurangnya pemeilihaan. “Dan ini lokasinya di jalan provinsi dan nasional,” tulisnya.

Ia menambahkan, harapan juga telah bantuan kebutuhan dasar bagi para korban bencana alam yang rumahnya rusak tertimpa pohon tumbang sesuai dengan kemampuan BPBD.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut