get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Jumat 17 Mei 2024: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Hanggar DPST di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Akan Jadi Tempat Pesawat Tanpa Awak Skadron 103 TNI AU

Kamis, 23 Februari 2023 | 19:26 WIB
header img
Hanggar DPST di Lanud Wiriadinata Akan Jadi Tempat Pesawat Tanpa Awak Skadron 103 TNI AU. Foto: Dok. TNI AU

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Hanggar Dirgantara Pilot School Tasikmalaya (DPST) yang berada di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, rencananya akan menjadi Hanggar Skadron Udara 103 yang mengawaki pesawat terbang tanpa awak (PTTA) atau Unmaned Aerial Vehicle (UAV) yang lebih dikenal dengan istilah “Drone”.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi pun datang dan meninjau Hanggar DPST secara langsung di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, pada Selasa (21/2/2023).

“Sesuai direktif dari pimpinan dalam hal ini Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., Hanggar DPST ini akan dijadikan untuk Hanggar Skadron Pendidikan 103, di mana selama ini para siswa pilot UAV dititipkan di skadron operasi yaitu Skadron Udara 51 Lanud Supadio Pontianak,” ujar Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi seperti dikutip dari laman resmi TNI AU, Kamis (23/2/2023).

“Yang mana kegiatan operasi skadron tersebut tercampur dan lebih didominankan oleh latihan siswa, sehingga Kasau memberikan direktif untuk memindahkan pendidikan tersebut ke Tasikmalaya, dan harus segera kita tindaklanjuti,” sambungnya.

Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi menuturkan, Lanud Wiriadinata yang selama ini merupakan Pangkalan Udara Operasi di bawah Jajaran Komando Operasi Udara (Koopsud) 1 akan berpindah ke jajaran Kodiklatau.

Tipe Lanud Wiriadinata yang semula lanud tipe C akan berubah menjadi lanud tipe B seiring dengan perkembangan Skadron Pendidikan di wilayah Tasikmalaya.

“Namun yang kita utamakan terlebih dahulu yaitu realisasi operasi pembangunan Skadron Pendidikan 103 lalu pemindahan komando pengendalian/kewenangan Lanud Wiriadinata dari jajaran Koopsud 1 ke jajaran Kodiklatau,” tuturnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut