Logo Network
Network

Unjukrasa Pembangunan Ponpes di Cisayong Tasikmalaya, Pimpinan Pesantren: Kami Sudah Dapat Izin

Heru Rukanda
.
Minggu, 05 Februari 2023 | 15:30 WIB
Unjukrasa Pembangunan Ponpes di Cisayong Tasikmalaya, Pimpinan Pesantren: Kami Sudah Dapat Izin
Unjukrasa Pembangunan Ponpes di Cisayong Tasikmalaya, Pimpinan Pesantren: Kami Sudah Dapat Izin. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

“Makanya kami meminta kepada pak bupati daripada menimbulkan konflik, kami mendahulukan mana yang madarat dan mana manfaat. Kami ingin setiap yang masuk ke Cisayong mematuhi aturan kenegaraan dan menghargai adat istiadat setempat, khsusunya yanga ada di Cisayong,” sambungnya. 

Menurutnya, terkait soal perizinan pembangunan dan ada beberapa kegiatan yang sifatnya keagamaan harus dimusyawarahkan dengan majelis ulama setempat dalam hal ini MUI Cisayong.  

“Nah, selama ini MUI Cisayong belum pernah diajak, sehingga kami tidak mau bangunan ini menjadi sebuah fitnah nantinya. Bangunan ini untuk apa, pahamnya apa, kami ingin jelas,” ujarya. 

Massa aksi meminta Bupati Tasikmalaya untuk mengkaji, mengevaluasi kembali sekaligus menunda seluruh proses pengajuan perizinan berkaitan dengan rencana pendirian atau pembangunan lembaga pendidikan yang berlokasi di Kampung Neundeut, Desa Sukaraharja, Kecamata Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, sebelum diadakan musyawarah. 

Para alim ulama juga menghimbau seluruh umat muslim di Kecamatan Cisayong untuk dapat bersatu dan menjauhkan diri dari prasangka buruk karena masalah perbedaan pendapat. “Persoalan khilafiah di Cisayong ini sangat toleransi. Kami sangat menghargai perbedaan,” ucapnya.

Massa aksi kemudian membubuhkan tanda tangan di atas baliho yang memuat tentang penyataan sikap bersama alim ulama, pimpinan pondok pesantren, ormas Islam, tokoh masyarakat terhadap ajaran kelompok radikalisme, salafi wahabi, syi'ah, dan kelompok sesat lainnya. 

Aksi unjukrasa berjalan aman dan lancar dengan pengawalan dan pengamanan oleh petugas kepolisian dari Polres Tasikmalaya Kota dan TNI. Massa aksi pun membubarkan diri dengan tertib. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.