get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Senin 29 April 2024: Sepanjang Hari Berawan

Menikmati Keindahan Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk dan Sewa Perahu

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:03 WIB
header img
Menikmati Keindahan Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk dan Sewa Perahu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Situ Gede merupakan salah satu tempat wisata di Kota Tasikmalaya yang berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi. Setelah direvitalisasi dan diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada pertengahan Januari 2023, tempat wisata Situ Gede semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Situ Gede Kota Tasikmalaya memiliki luas sekitar 47 hektar. Tempat wisata yang menjadi salah satu ikon Kota Tasikmalaya ini memiliki pemandangan alam yang sejuk dan bisa membuat wisatawan yang datang betah dan ingin berlama-lama.

Selain menikmati pemandangan alam dan pulau yang berada di tengahnya, wisatawan yang datang ke Situ Gede juga bisa menikmati kuliner ikan bakar dan nasi timbel serta makanan tradisional lainnya.

Saat berada di Situ Gede, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Galunggung jika cuacanya sedang cerah.

Salah seorang pengunjung, Nova (30) warga Kawalu, Kota Tasikmalaya, mengaku penasaran dengan banyaknya pemberitaan tentang wajah baru Situ Gede. Ia datang mengajak keluarganya untuk berlibur di Situ Gede Kota Tasikmalaya.

"Lagi healing sama keluarga. Penasaran saja katanya Situ Gede memiliki wajah baru jadi pengen ke sini," ujar Nova, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, Situ Gede Kota Tasikmalaya saat ini lebih bagus dibandingkan dengan sebelum direvitalisasi. Ia berharap gajebo-gajebo untuk berteduh dan menikmati kuliner seperti yang sudah ada saat ini bisa ditambah.

"Lebih bagus, lebih tertata dan lebih rapih, serta parkirnya juga lebih luas, mungkin di sebelah sana gajebo-gajebonya perlu diperbaiki biar ada tempat istirhat juga, lumayan kan sebelah sana lebih adem," ujarnya.

Ia mengaku lebih suka menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam yang sejuk.


Menikmati Keindahan Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk dan Sewa Perahu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

“Lebih nikmat liburan ke pemandangan alam terus enak juga untuk kumpul-kumpul sama keluarga sambil makan-makan. Lebih menikmatai suasana alam sih, soalnya kehatinya juga adem gitu," pungkasnya.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan harga tiket ke Situ Gede hanya Rp5 ribu per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam Situ Gede Kota Tasikmalaya.

Pengunjung juga bisa mengelilingi pulau yang ada makam keramatnya yakni makan Eyang Prabudilaya dengan menyewa perahu yang disediakan oleh warga Situ Gede dengan harga sewa Rp10 ribu per orang.

Salah seorang petugas tiket, Asep Iwan mengatakan, sejak direvitalisasi, jumlah kunjungan mengalami peningkatan meski belum signifikan. Di libur Imlek 2023, tingkat kunjungan ke Situ Gede meningkat hingga 30 persen.

“Alhamdulilah, ada peningkatan 30 persen. Rata-rata pengunjung dari dari Tasik, jadi libur tahun baru Imlek ini ada peningkatan dibanding dengan hari-hari biasa," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut