get app
inews
Aa
Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Kamis 25 April 2024: Siang Hari Hujan Petir

Gempa Bumi M4,6 Guncang Pangandaran, Terasa hingga Tasikmalaya

Minggu, 27 November 2022 | 10:00 WIB
header img
Gempa Bumi M4,6 Guncang Pangandaran, Terasa hingga Tasikmalaya. Foto: Ilustrasi

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idGempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,6 guncang Pangandaran, Minggu (27/11/2022). BMKG menyebut, kejadian gempat bumi tersebut terjadi pada pukul 09.10 WIB.

Episenter atau pusat gempa terletak pada koordinat 8.2 LS dan 108.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 38 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, dalam keterangan resminya, Minggu (27/11/2022).

Ia menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut