get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Siswa Kelas XII MA Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya Ikuti Gema Dakwah, Syarat Lulus Sekolah

Kompetisi Myres 2022, Siswa MAN 2 Tasikmalaya Teliti Sayap Lalat sebagai Antikanker

Senin, 17 Oktober 2022 | 07:14 WIB
header img
Siswa MAN 2 Tasikmalaya, Nabilah Husniyyah meraih juara II Myres 2022 Bidang Matematika Sains dan Pengembangan Teknologi. Foto: Dok/Pendis Kemenag

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id – Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan menjadikan orang lebih kreatif dan inovatif. Begitupun dengan tradisi riset di lembaga sekolah, khususnya madrasah terus berkembang dan memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan.

Nabilah Husniyyah, seorang  siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Tasikmalaya, melakukan penelitian antikanker. Dia meneliti manfaat sayap lalat dalam riset berjudul 'Profiling dan Docking Senyawa Kandidat Antikanker dari Sayap Kanan Lalat melalui Karakteristik GC-MS'.

Dari hasil riset ini Nabilah meraih juara II Madrasah Young Researchers Supercamp ( Myres ) 2022 untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Bidang Matematika Sains Dan Pengembangan Teknologi.

Nabila menjelaskan, penelitian ini terinspirasi dari salah satu hadis tentang lalat. Pesan dalam hadis itu, “apabila seekor lalat hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan ke dalam minuman tersebut kemudian membuangnya karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya.” (H.R. Bukhari).

“Awalnya, saya terinspirasi hadis tersebut. Karena penasaran, saya melakukan penelitian ini,” kata Nabilah di ajang Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Menurut Nabilah, penelitian ini menelusuri lebih jauh mengenai potensi senyawa aktif pada sayap kanan Musca domestica (lalat) melalui profiling senyawa bioaktif dengan metode GC-MS dan in silico dengan melalui molecular docking.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut