get app
inews
Aa Read Next : Bebas dari Penjara, WNA asal Tiongkok Dideportasi Imigrasi Tasikmalaya

Arti Lambang dan Logo Polri Rastra Sewakottama

Rabu, 14 September 2022 | 06:04 WIB
header img
Arti Lambang dan Logo Polri Rastra Sewakottama. Foto: Ist.

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Arti lambang dan logo Polri dapat Anda simak dalam artikel kali ini.

Kepolisian Republik Indonesia atau Polri memilik lambang bernama Rastra Sewakottama. Arti lambang dan logo Polri tersebut memiliki arti Polri adalah abdi utama dari pada nusa dan bangsa.

Dikutip dari laman resmi Polri, Rabu (14/9/2022) sebutan itu adalah Brata pertama dari Tri Brata yang diikrarkan sebagai pedoman hidup Polri sejak 1 Juli 1954.

Polri yang tumbuh dan berkembang dari rakyat, untuk rakyat, memang harus berinisiatif dan bertindak sebagai abdi sekaligus pelindung dan pengayom rakyat. Harus jauh dari tindak dan sikap sebagai "penguasa".

Ternyata, prinsip ini sejalan dengan paham kepolisian di semua negara yang disebut new modern police philosophy yakni Vigilant Quiescant (kami berjaga sepanjang waktu agar masyarakat tentram).

Berikut ini arti lambang dan logo Polri:

1. Perisai

Perisai bermakna pelindung rakyat dan negara.

2. Pancaran obor

Pancaran obor bermakna penegasan tugas Polri, di samping memberi sesuluh atau penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar akan perlunya kondisi kamtibmas yang mantap.

3. Tangkai padi dan kapas

Tangkai padi dan kapas menggambarkan cita-cita bangsa menuju kehidupan adil dan makmur, sedangkan 29 daun kapas dengan 9 putik dan 45 butir padi merupakan suatu pernyataan tanggal pelantikan Kapolri pertama pada 29 September 1945 yang dijabat oleh Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut