get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Dukungan Anggota Satpol PP Garut untuk Gibran Rakabuming Raka

Longsor Timbun Ruas Jalan dan Sawah di Kecamatan Talegong Garut

Jum'at, 05 November 2021 | 19:08 WIB
header img
Longsor Timbun Ruas Jalan dan Sawah di Kecamatan Talegong Garut. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Istimewa)

GARUT, iNews.id –  Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Garut menyebabkan longsor di Kampung Ciwaru, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Kamis (4/11/2021). 

Tanah longsor disebabkan curah hujan yang tinggi tersebut menimbun ruas jalan sehingga aktivitas warga menjadi terganggu. 

Camat Talegong, Frederico Fernandes menuturkan,  longsor yang terjadi di Kampung Ciwaru terjadi sekitar pukul 18.25 WIB. Material longsor menggerus dan menimbun badan jalan sehingga akses jalan menjadi tertutup.

“Badan jalan tergerus dan tertimbun material longsor batu dan kerikil. Kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak bisa masuk,” ujar Frederico, dalam keterangan resmi Diskominfo Garut, Jumat (5/11/2021)

Ia menyebut, pemerintah setempat dengan sigap melakukan pembersihan material secara manual, sehingga tidak membutuhkan waktu lama jalan bisa kembali dilalui kendaraan.

“Evakuasi material longsor dilakukan secara manual, alhamdulillah jalan kembali bisa dilalui,” ucapnya.

Frederico menuturkan, longsor juga terjadi di Kampung Sawah Lega, Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut. Tanah longsor sepanjang kurang lebih 250 meter dan lebar sekitar 10 meter, merusak hamparan sawah warga seluas 2.500 meter persegi. 

Selain itu, tanah longsor juga mengancam 4 rumah warga yang dihuni oleh 11 orang, di antaranya satu ibu hamil, 4 lansia, dan satu orang anak sekolah.

“Untuk saat ini seluruh warga yang tinggal di area rawan bencana sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” kata dia.

“Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, pihak Kecamatan Talegong bersama warga sekitar membuat saluran air guna menekan dampak dari bencana longsor,” pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut