PLN Resmikan Program Pengembangan Ekosistem Biomassa di Tasikmalaya

Indra Sanjaya
PLN Resmikan Program Pengembangan Ekosistem Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan dan Pertanian di Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

Sementara itu, Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, menyampaikan bahwa program di Tasikmalaya ini mengalami perluasan dari sebelumnya hanya 30 hektar dengan 30 ribu pohon, kini menjadi 100 hektar dengan target penanaman 100 ribu pohon.

“Selain itu, kami juga bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan masyarakat setempat untuk menerapkan sistem tumpang sari pada tanaman energi ini,” ungkapnya.

Iwan juga menambahkan bahwa PLN telah memberikan 205 ekor kambing sebagai modal awal bagi masyarakat setempat. Kambing-kambing ini kini dapat diberi makan dari hasil tanaman yang ditanam sembilan bulan lalu. 

“Daun indigofera yang kami tanam memiliki kandungan protein tinggi yang disukai oleh ternak. Ini akan menjadi model percontohan yang nantinya akan diterapkan di seluruh PLTU kami yang tersebar di 52 lokasi di Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa hingga saat ini, program serupa telah diterapkan di 46 lokasi PLTU di seluruh Indonesia, dan tahun depan diharapkan akan menjangkau 52 lokasi. 

“Kami akan terus menyebarkan program ini agar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekaligus mendukung keberlanjutan lingkungan,” pungkasnya.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network