Meriah, Warga Ciamis Sambut Malam Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan Pawai Obor

Andri M Dani
Meriah, Warga Ciamis Sambut Malam Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan Pawai Obor. Foto:iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Kedatangan tahun baru Islam 1446 Hijriah, disambut meriah oleh ribuan umat Muslim di berbagai sudut kota dan pelosok kampung di Ciamis. Mereka turun ke jalan mengikuti pawai obor.

Ratusan warga, baik laki-laki maupun perempuan, dewasa, remaja, dan anak-anak, di Lingkungan RW 05 Bolenglang, Kertasari, Ciamis, setelah waktu Isya pada Sabtu (6/7/2024) malam, berbekal obor minyak tanah dan beduk, berkeliling jalan-jalan di wilayah Kelurahan Kertasari.

Warga dari RT 01 hingga RT 05 RW 05 Bolenglang, dipimpin langsung oleh ketua RT masing-masing, berkumpul terlebih dahulu di jalan lingkar utara luar Komplek Islamic Center.

“Dari IC terus ke Jl Mr Iwa Kusuma Sumantri, pertigaan Kodim, Jl A Yani, masuk Jl Kertasari Cibuntu, belok ke Jl Soejoed. Finishnya di Kantor Kelurahan Kertasari. Peserta pawai obor dari seluruh RW di Kelurahan Kertasari berkumpul di kantor kelurahan,” ujar Emon, Ketua RT 02 RW 05 Bolenglang.

Iring-iringan pawai obor menyambut tahun baru 1446 Hijriah tersebut diiringi lantunan salawat dan bunyi beduk serta kohkol.

Tradisi pawai obor juga digelar oleh warga Kelurahan Ciamis, dengan rute berbeda-beda dari masing-masing RW, mulai dari RW 01 hingga RW 32 Kelurahan Ciamis.

Start dari RW masing-masing kemudian menelusuri jalan-jalan menuju Pendopo dan Alun-Alun Ciamis. Setelah melewati depan Pendopo dan Alun-Alun Ciamis, peserta pawai obor kembali pulang ke tempat masing-masing.

Dengan jumlah peserta tiap RW tidak dibatasi, mereka tidak hanya berjalan kaki tetapi juga ada yang menggunakan sepeda motor dan mobil.

Pawai obor menyambut datangnya tahun baru 1446 Hijriah tidak hanya meriah di kelurahan maupun desa di wilayah Ciamis Kota, tetapi juga berlangsung di tiap kecamatan hingga tingkat desa.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network