Tragedi Kematian Rafha Al Ayyubi dalam Diklatsar KSR PMI Unit Unsil Tasikmalaya di Gunung Cakrabuana

Nita Marlianti
Tragedi Kematian Rafha Al Ayyubi Adhinegoro dalam Diklatsar KSR PMI Unit Unsil Tasikmalaya di Gunung Cakrabuana. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Rafha Al Ayyubi Adhinegoro (20), seorang mahasiswa Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat, tewas saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) KSR PMI Unit Unsil di Gunung Cakrabuana, Kabupaten Tasikmalaya, pada Minggu (9/6/2024). 

Pemuda asal Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi tersebut berpartisipasi bersama 19 teman lainnya di gunung dengan ketinggian 1.721 mdpl, yang menjadi tapal batas tiga kabupaten, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Garut, dan Majalengka.

Dugaan awal penyebab kematian korban adalah akibat kekurangan oksigen dan kelelahan saat menaiki puncak gunung tersebut. 

Menurut Saeful Mahbub, salah satu panitia bagian rescue dan anggota KSR PMI Unit Unsil Tasikmalaya, kegiatan tersebut diikuti oleh 15 perempuan dan 5 laki-laki, semua merupakan mahasiswa semester 2 tahun angkatan 2023. 

"Rafha Al Ayyubi Adhinegoro adalah mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Unsil Tasikmalaya," kata Saeful, Minggu (9/6/2024) siang. 

Peristiwa tersebut bermula ketika korban mengeluhkan kelelahan dan ketidaknyamanan setelah melakukan pendakian ke puncak gunung pada Sabtu (8/6/2026) sekitar pukul 18.00 WIB. 

Tim rescue langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan melakukan evakuasi, tetapi sayangnya, Rafha meninggal sebelum bisa dievakuasi, pada pukul 23.00 WIB di atas Gunung Cakrabuana.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network