Fenomena Siswa SD Sayat Tangan di Kota Banjar, FP3: Ini Sinyal Bahaya

Budiana Martin
Fenomena Siswa SD Sayat Tangan di Kota Banjar, FP3: Ini Sinyal Bahaya. Foto: Ilustrasi/Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Forum Pemuda Peduli Pendidikan (FP3) Kota Banjar, Dicky Agustaf, memberikan tanggapan terkait fenomena bocah yang menyakiti diri sendiri akibat mengikuti tren di media sosial.

Sebanyak 16 siswa/i di Kota Banjar, Jawa Barat, nekat menyayat tangan mereka sendiri menggunakan pisau cutter dan pecahan beling.

Dicky menekankan bahwa hal ini harus menjadi sinyal bahaya bagi orang tua agar mereka lebih mengawasi dan mewaspadai dampak serta risiko adopsi digital saat anak-anak menggunakan media sosial secara berlebihan.

"Ini menjadi sinyal bahaya untuk pendidikan kita. Sebagai orang tua, kita harus mengawasi anak-anak kita agar mereka tidak melakukan self-harm atau menyakiti diri sendiri," kata Dicky, Rabu (5/6/2024).

Ia menjelaskan, bahwa belakangan ini banyak remaja melakukan self-harm dan kemudian memamerkannya di media sosial. Mereka terjebak dalam rasa frustrasi dan keinginan untuk menyerah pada hidup.

Tren menyakiti diri sendiri dengan menyayat tangan menggunakan silet atau benda tajam lainnya sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental mereka.

Namun, kejadian ini sedikit berbeda karena melibatkan anak-anak usia sekolah dasar. Dicky mengatakan tingkat stres dan frustrasi mereka bisa dibilang masih dalam kategori rendah.

"Kami sudah mencoba mencari tahu alasan kenapa anak-anak melakukan hal itu. Ternyata mereka lebih terjebak oleh tren gaya hidup yang mereka dapat informasinya dari aplikasi media sosial," ungkapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network