PSGC Ciamis Gagal Promosi ke Liga 2, Langkahnya Terhenti di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Andri M Dani
PSGC Ciamis Gagal Promosi ke Liga 2, Langkahnya Terhenti di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Ambisi PSGC Ciamis untuk kembali promosi ke Liga 2 Nasional pupus sudah. Tim yang dilatih oleh Heri Rafni Kotari ini harus mengakhiri perjalanannya di babak 16 besar Liga 3 Nasional 2023/2024.

Pada laga penentuan di babak 16 besar Grup B Liga 3 Nasional 2023/2024 yang digelar di Lapangan Luar Stadion Pakansari Bogor pada Sabtu (25/5/2024) sore, PSGC Ciamis mengalami kekalahan pahit dengan skor 2-3 dari Persekabpas Pasuruan.

Persekabpas mencetak gol pada menit ke-59, menit ke-75 oleh Noviatmaja, dan menit ke-87. Sedangkan dua gol balasan dari PSGC dicetak oleh Hasan Ali pada menit ke-78 dan Ilham pada menit ke-91 (menit pertama tambahan waktu babak kedua).

Laga melawan Persekabpas tersebut merupakan penentu nasib bagi Laskar Singacala. Untuk lolos ke babak 8 besar, PSGC harus menang. Dengan hasil imbang, PSGC tetap tersingkir karena meskipun sama-sama memiliki 3 poin dari 2 pertandingan di Grup B, Persekabpas unggul dalam selisih gol.

Namun, nasib berkata lain. PSGC Ciamis kalah 2-3 dari Persekabpas, sehingga langkah tim kebanggaan warga Tatar Galuh Ciamis tersebut harus terhenti di babak 16 besar. Sementara itu, Persekabpas Pasuruan berhasil melaju ke babak 8 besar sebagai runner-up Grup B, mendampingi Persiku Kudus yang menjadi juara grup.

Laga antara PSGC Ciamis vs Persekabpas di Lapangan Luar Stadion Pakansari Bogor ini berlangsung tanpa penonton. Babak pertama berakhir tanpa gol, meskipun pertandingan berlangsung seimbang.

Untuk memecah kebuntuan, pada awal babak kedua, coach Heri Rafni Kotari mengganti dua pemain. Hasan Ali masuk menggantikan Jamie untuk meningkatkan daya serang, dan Doni digantikan oleh Iyan Pratama di lini belakang.

Namun, pada menit ke-59, PSGC kebobolan akibat miskomunikasi di lini tengah, yang membuat pemain Persekabpas berhasil menembus pertahanan dan mencetak gol. Pada menit ke-75, kesalahan dari kapten tim PSGC, Noviatmaja, membuat skor berubah menjadi 0-2 untuk Persekabpas.

Hasan Ali memperkecil ketertinggalan PSGC pada menit ke-78 setelah menyambar bola dari kesalahan umpan pemain belakang Persekabpas, mengubah skor menjadi 1-2. Namun, pada menit ke-87, Persekabpas kembali mencetak gol dari serangan balik, membuat skor sementara menjadi 1-3.

Menjelang akhir laga, Ganjar Kurniawan dan kawan-kawan terus meningkatkan tempo permainan. Pada menit pertama tambahan waktu babak kedua, Ilham Nurfadilillah mencetak gol setelah lolos dari jebakan offside, mengubah skor menjadi 2-3.

Pada menit ke-93, PSGC sebenarnya berpeluang besar menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti oleh kapten tim, Ganjar Kurniawan. Namun, tendangannya berhasil dibaca oleh kiper Persekabpas. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan 2-3 untuk Persekabpas Pasuruan.

Kekalahan ini membuat PSGC Ciamis harus mengubur impiannya untuk kembali promosi ke Liga 2. PSGC terdegradasi dari Liga 2 pada musim 2018, dan musim ini hanya ada enam tim dari Liga 3 yang berhak promosi ke Liga 2. 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network