Anggaran Pilkada Kabupaten Ciamis 2024 Capai Rp75 Miliar

Andri M Dani
Ketua KPU Kabupaten Ciamis Oong Ramdani. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis telah mengajukan anggaran sebesar Rp 75 miliar lebih untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Ciamis, yang meliputi Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani, menyatakan bahwa dari total anggaran Rp 75 miliar lebih tersebut, sebesar Rp 51 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Ciamis untuk tahun anggaran 2023 dan 2024. Sementara Rp 24 miliar berasal dari APBD Jawa Barat.

"Alokasi anggaran dari APBD Jawa Barat kemungkinan akan ditambah. Ada revisi, tetapi kami belum menerima angka pasti mengenai seberapa besar tambahan dari APBD Jawa Barat tersebut," ujar Ketua KPU Ciamis Oong Ramdani menjawab pertanyaan iNewsCiamisRaya.id usai pelantikan 135 anggota PPK dari 27 kecamatan se-Ciamis di Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis, Kamis (16/5/2024).

Sementara itu, dari alokasi anggaran Rp 51 miliar dari APBD Ciamis, menurut Oong, sekitar 40 persen sudah cair.

"Sisanya harus sudah cair paling lambat lima bulan sebelum hari H pelaksanaan Pilkada Serentak 2024," katanya.

Alokasi anggaran sebesar Rp 75 miliar tersebut akan digunakan untuk membiayai seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024, termasuk tahapan pencalonan perorangan (calon independen).

"Namun, di Ciamis hingga batas akhir pendaftaran tidak ada calon perseorangan yang mendaftarkan diri," jelas Oong.

Dengan demikian, dipastikan Pilbup Ciamis pada Pilkada Serentak 2024 ini tidak akan memiliki calon independen. Secara otomatis, alokasi anggaran untuk pencalonan perseorangan akan terkoreksi dengan sendirinya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network