Peringati HKB 2024, BPBD Kota Tasikmalaya Simulasikan Penanganan Korban Bencana di Situ Gede

Kristian
Peringati HKB 2024, BPBD Kota Tasikmalaya Simulasikan Penanganan Korban Bencana di Situ Gede. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - BPBD Kota Tasikmalaya menggelar simulasi penanganan bencana di tempat wisata Situ Gede, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Rabu (8/5/2024).

Simulasi penanganan bencana yang dilakukan BPBD Kota Tasikmalaya ini sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024. Adapun tema HBK 2024 kali ini adalah Siap Untuk Selamat.

Kegiatan HBK 2024 tingkat Kota Tasikmalaya dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah yang ditandai dengan memukul kentongan bersama-sama Forkopimda Kota Tasikmalaya, termasuk Sekda Kota Tasikmalaya yang juga Kepela BPBD Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan. 

Simulasi penanganan bencana yang dilakukan BPBD Kota Tasikmalaya bersama stakeholder lainnya, di antaranya dari TNI, Polri, Basarnas, BNPB, Dinsos, Dinkes, PMI, Pemadam Kebakaran, Tagana, mahasiswa dari berbagai kampus, warga sekitar serta relawan lainnya.

"Hari ini kita melakukan latihan bersama antara BPBD, TNI-Polri, Tagana, dan seluruh elemen masyarakat pun hadir," kata Cheka.

Menurut Cheka, bahwa banyaknya stakeholder yang terlibat menunjukan kolaborasi yang cukup baik. Ia menyebut, kalau mau sempurna harus sering latihan.

"Oleh karena itu, kita barus sering-sering latihan. Apabila terjadi bencana, kita sudah siap, apa yang harus kita lakukan oleh setiap sektornya. Sosialisasi terus dilakukan, baik itu di level masyarkat maupun sekolah," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network