Ini Penyebab Utama Banjir Rutin di Desa Tanjungsari Sukaresik Tasikmalaya

Firman Suryaman
Ini Penyebab Utama Banjir Rutin di Desa Tanjungsari Sukaresik Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ini penyebab utama banjir rutin setiap turun hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya.

Ketinggian dataran wilayah Desa Tanjungsari bisa dipastikan hampir sejajar dengan permukaan dua sungai besar yaitu Citanduy dan Cikidang yang melintasi desa itu.

Praktis ketika air kedua sungai meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi, wilayah Desa Tanjungsari pun terendam. Terutama Kampung Bojongsoban, Hegarsari dan Mekarsari.

Pihak pemerintah melalui BBWS Citanduy sebenarnya sudah membangun tanggul penahan air sejak lama. Namun keberadaan tanggul saat ini hampir sia-sia karena proses pendangkalan membuat luapan air sungai melebihi tanggul dan kembali mengakibatkan banjir.

"Bosan rasanya kami selalu hidup berdampingan dengan banjir. Setiap hujan lebat turun dan lama, pasti air sungai meluap dan banjir," ungkap Engkus (45), salah seorang warga, saat ditemui, Jumat (26/4/2024).

Kerugian materi yang dirasakan Engkus beserta sekitar 400 KK warga Desa Tanjungsari sudah tak terhitung. Seiring tak terhitungnya berapa kali banjir melanda wilayah desa yang menjadi salah satu lumbung padi Tasikmalaya ini.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network