Ciri-ciri Perilaku Geng Motor Versi Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan

Heru Rukanda
Ciri-ciri Perilaku Geng Motor Versi Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

“Kita mulai yang dari yang terkecil terlebih dahulu dari tingkat keluarga. Mengapa para orang tua memberikan izin anak-anaknya yang masih berusia belasan tahun mengendarai sepeda motor? Sementara jelas anak-anak ini belum punya SIM,” ungkapnya.

“Itu juga sudah jelas dari lingkungan keluarga saja ini memberikan izin atau bersikap memberikan kebebasan dengan cara memberikan motor untuk anak-anak yang masih remaja ini. Kemudian setelah diberikan motor, diberikan kebebasan juga untuk menggunakannya sepeda motor itu kapan saja. Sekolah diberikan, mau keluar malam tengah malam diberikan kebebasan, bagaimana tidak, ini membuat kemudian makin tambah banyak perilaku geng motor yang ada di sekitar kita karena dari lingkungan keluarga sendiri para orang tua memberikan izin atas perilaku anaknya itu,” jelas perwira melati dua di pundaknya tersebut.

Lebih lanjut Aszhari mengatakan, masyarakat di lingkungan sekitar atau tempat tinggal juga harus bersikap apabila ada anak-anak atau remaja yang disinyalir terlibat atau gabung ke geng motor.

Menurutnya, terkait dengan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh anak di bawah umur, pihaknya akan tetap menerapkan sanksi pidana untuk memberikan efek jera kepada anak-anak ini sehingga nantinya tidak menjadi contoh bagi perilaku anak-anak yang lain untuk melakukan tindak pidana membawa senjata tajam, membawa peralatan senjata lain yang dimodifikasi seperti gir atau senjata tajam lainnya.

“Memang beban secara penegakan hukum ada pada kami Polres Tasikmalaya kota. Namun, kita juga pastinya dalam melakukan penegakan hukum tetap kita mendasari dari peraturan yang ada,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network