Sejarah Baru Akan Tercipta, PAN Ciamis Optimis Raih 7 Kursi di DPRD

Andri M Dani
Sejarah Baru Akan Tercipta, PAN Ciamis Optimis Raih 7 Kursi di DPRD. Foto: dok. iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Berdasarkan perhitungan sementara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, DPD PAN Ciamis sangat optimis akan meraih 7 kursi di DPRD Ciamis. Ini menandai peningkatan yang signifikan dari hasil Pemilu 2019, di mana PAN berhasil mendapatkan 5 kursi.

"Alhamdulillah, hasil sementara menunjukkan optimisme kami dalam meraih 7 kursi, sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Bahkan, jika ada penambahan menjadi 8 kursi, tentu akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Kami masih menunggu hasil akhir dari rekapitulasi perhitungan suara," ujar Ketua DPD PAN Ciamis, H Yana D Putra setelah membuka acara Bimtek Pelatih Pencak Silat di Hotel La Risa Ciamis, pada Kamis (22/2/2024) siang.

Raihan sementara 7 kursi pada Pileg 2024 tersebut, menurut Yana, tersebar di 6 Daerah Pemilihan (Dapil) di Ciamis. "Semua Dapil telah terisi," tambahnya. Bahkan, untuk Dapil 3 (Cipaku, Kawali, Lumbung, Jatinegara, Lumbung), PAN berhasil mempertahankan dua kursi.

Selain mempertahankan 5 kursi yang diraih pada Pemilu 2019 (1 kursi di Dapil Ciamis 1, 2 kursi di Dapil Ciamis 3, 1 kursi di Dapil Ciamis 4, dan 1 kursi di Dapil Ciamis 5), pada Pemilu 2024 ini, PAN juga berhasil meraih kursi baru dari Dapil Ciamis 2 (Cihaurbeuti, Panumbangan, Panjalu, dan Sukamantri) serta Dapil Ciamis 6 (Baregbeg, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, dan Pamarican), masing-masing 1 kursi.

Diperkirakan, caleg PAN yang akan duduk di DPRD Ciamis dari Dapil Ciamis 1 dan 2 merupakan wajah baru, sedangkan dari Dapil Ciamis 3 adalah caleg petahana. Di Dapil Ciamis 4, caleg petahana akan duduk kembali, sementara dari Dapil Ciamis 5 dan 6 masing-masing akan diisi oleh wajah baru.

Sejarah baru akan tercipta di perjalanan politik PAN di DPRD Ciamis hasil Pemilu 2024, karena akan menempatkan seorang caleg perempuan sebagai anggota DPRD Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network