Molor dari Target, KPU Kota Tasikmalaya Akhirnya Rampungkan Proses Sorlip Surat Suara Pemilu 2024

Kristian
Molor dari Target, KPU Kota Tasikmalaya Akhirnya Rampungkan Proses Sorlip Surat Suara untuk Pemilu 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Proses penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya telah selesai. 

Sorlip surat suara yang dilaksanakan di Gudang Logistik KPU, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kersamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya itu selesai pada Jumat (19/1/2024).

"Alhamdulillah pada Jumat (19/1/2024)kita sudah beres menyelesaikan sorlip Pemilu 2024," ucap Ketua KPU Kota Tasikmalaya Asep Rismawan, Senin (22/1/2024) sore.

Diketahui, sorlip surat suara Pemilu 2024 yang terdiri dari surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Tasikmalaya, dari jumlah total surat suara yang diterima mencapai 2.749.550 lembar itu membutuhkan waktu selama 14 hari.

"Jadi total 14 hari selama pelaksanaan sorlip, kita ada penambahan petugas dari 125 jadi 160 orang. Sebenarnya target awal 10 hari," ujarnya.

Asep menuturkan, dari jumlah surat suara tersebut, KPU Kota Tasikmalaya menemukan beberapa surat suara yang rusak serta ada surat suara yang kurang pengirimannya. Sehingga, pihaknya akan terlebih dulu melaporkannya ke KPU Jabar dan KPU RI.

Namun, dikatakann Asep, saat ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah surat suara yang rusak tersebut.

"Jumlahnya harus di cek dulu, tapi kalau gak salah, sementara yang DPRD Kota Tasikmakaya itu yang rusak sekitar 396 surat surat. Sementara yang kurang kirimnya itu 300 lembar. Yang rusak itu ada yang sobek, tapi sebenarnya sobeknya juga sedikit sih, rata-rata banyak itu dicipratan tinta, terus ada warna yang tidak sesuai dengan warna partai yang sudah ditentukan, mayoritas yang begitu," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network