KPU Ciamis Libatkan Warga Disabilitas dalam Kegiatan Sorlip Surat Suara Pemilu 2024

Andri M Dani
KPU Ciamis Libatkan Warga Disabilitas dalam Kegiatan Sorlip Surat Suara Pemilu 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - KPU Ciamis mengambil langkah inklusif dengan melibatkan warga disabilitas dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pilpres 2024.

Kegiatan sorlip surat suara Pileg dan Pilpres 2024 ini dimulai pada Selasa (9/1/2024) di sebuah gudang sewaan di Desa Cisadap Ciamis. Oong Ramdani, Ketua KPU Ciamis, menyampaikan bahwa dari 55 regu petugas yang terlibat dalam proses sorlip suara, satu regu terdiri dari warga disabilitas.

"Ada satu regu atau 10 orang petugas sorlip dari kalangan disabilitas," ungkap Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani, kepada iNewsTasikmalaya.id pada Selasa (9/1/2024).

Ada lima jenis surat suara yang akan disorlip, termasuk surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), surat suara DPR RI, DPRD Jabar, dan DPRD Ciamis, masing-masing sebanyak 986.859 lembar, ditambah 1.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU). Total keseluruhan surat suara yang akan disorlip mencapai 4.939.295 lembar.

Untuk menjalankan kegiatan sorlip sebanyak 5 juta lembar surat suara Pemilu Serentak 2024 (Pileg dan Pilpres), KPU Ciamis telah merekrut 550 petugas, sebagian besar di antaranya berasal dari warga setempat, termasuk sepuluh orang dari kalangan disabilitas.

Dari total 550 petugas sorlip, mereka dibagi menjadi 55 regu yang melakukan kegiatan sorlip dalam dua shift, yaitu shift pagi dan shift malam.

Selain mengerahkan 550 petugas sorlip, KPU Ciamis juga menugaskan 27 orang karyawan untuk mengawasi dan mendampingi petugas sorlip. Setiap orang bertanggung jawab mengawasi dua regu sorlip.

Diharapkan bahwa dalam sepuluh hari ke depan, kegiatan sorlip surat suara akan selesai. Setelah itu, surat suara akan didistribusikan ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hari pertama kegiatan sorlip pada Selasa (9/1/2024) fokus pada penyortiran surat suara untuk DPRD Ciamis, yang dipilah berdasarkan daerah pemilihan (Dapil), mulai dari Dapil Ciamis 1 hingga Dapil Ciamis 6.

"Jumlah temuan surat suara yang rusak akan direkap setiap hari selama penyortiran dan pelipatan," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network