Bawaslu Kota Tasikmalaya Investigasi Guru ASN yang Ganti Lirik Lagu Kasmaran untuk Prabowo-Gibran

Kristian
Bawaslu Kota Tasikmalaya Investigasi Guru ASN yang Ganti Lirik Lagu Kasmaran untuk Dukung Prabowo-Gibran. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya mengunjungi ke Sekolah Dasar (SD) Gobras 3 di Kecamatan Tamansari pada Senin (8/1/2024) siang. 

Kunjungan ini dilakukan untuk mengklarifikasi salah satu guru berstatus ASN terkait video viral yang menunjukkan wanita bernama Ilah Nurnafilah menyanyikan lagu Kasmaran dengan lirik yang mengarah pada ajakan mencoblos pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo - Gibran.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kota Tasikmalaya, Rida Fahlepi, menyampaikan, bahwa setelah melakukan rapat pleno dan investigasi malam sebelumnya, pihaknya telah mendapatkan keterangan dari kepala sekolah dan pelaku, yaitu Ilah.

"Hasil pengakuan menunjukkan bahwa tindakan wanita tersebut atas inisiatif sendiri tanpa adanya paksaan dari siapapun," ungkap Rida.

Meskipun Ilah memiliki hak pilih, Rida menegaskan, bahwa sebagai ASN atau PNS, ia tidak boleh berkampanye. Langkah selanjutnya, Bawaslu akan melakukan rapat dengan pimpinan lainnya untuk membahas hasil investigasi dan mengambil langkah selanjutnya.

Di lokasi, Ilah, yang merupakan guru berstatus ASN, mengakui bahwa dirinya yang terlihat dalam video tersebut. Ia membuat video tersebut pada Sabtu (6/1/2024) bersama teman-teman alumni SMA saat libur sekolah.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network