Pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar Ditarget Selesai 2023, Hari ini Mulai Dibangun

Heru Rukanda
Pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar Ditarget Selesai 2023, Hari ini Mulai Dibangun. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, iNews.id – Markas Komando (Mako) Brigade Mobil (Brimob) Batalyon D Polda Jabar di Cineam, tepatnya di Kampung Maribaya, RT 22 RW 03, Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, mulai dibangun.

Pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar ini diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana, Rabu (2/2/2022).

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar ini akan dibangun di atas lahan seluas 16 hentar yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Alhamdulillah kami Polda Jabar merencanakan pembangunan gedung batalyon D brimob Polda Jabar. Hari ini peletakan batu pertama pembangunan Batalyon D Pelopor Brimob Polda Jabar,” ujar Suntana.

Dikatakan jendral bintang 2 tersebut, pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar ini direncanakan selesai di 2023 dan paling lambat di 2024.

“Kami berharap pembangunan bisa berjalan lancar paling cepat 2023 dan paling lambat di 2024” kata dia.

Ia menuturkan, selama pembangunan mako brimob di Cineam, personel brimob pasukan brimob tetap berada di sini untuk memberikan keamanan kepada masyarakat sambil mengawasi pembangunan yang telah direncanakan.

“Semoga dengan kehadiran brimob masyarakat Cineam merasa aman dan tentram serta investasi bisa masuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ucapnya.

Suntana menambahkan, rencananya luas lahan untuk mako brimob batalyon D Polda Jabar ini seluas16 hektar, tapi saat ini baru 10 hektar dan akan ditambah secara bertahap.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan seluruh masyarakat khususnya pa bupati yang telah menyediakan lahan dan sertifikat serta yang lainnya,” tandasnya.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, dalam pembangunan markas komando Brimob Batalyon D Polda Jabar, pihaknya membantu dalam pengadaan lahan.

“Insyaallah areal ini akan dibebaskan sebanyak 16 hektar. Mohon maaf pak Kapolda karena keterbatasan anggaran kami bagi menjadi 3 tahun anggaran,” ujar Ade.

Ia menuturkan, pada tahun anggaran tahun 2021 pihaknya telah membebaskan lahan dan menyerahkan sertifikat seluas 4,0457 hektar dengan 4 sertifikat. Dan tahun ini akan genapkan menjadi 4,8 hektar, sehingga tahun sekarang total yang akan kami serahkan ke Polda Jabar seluas 9,8457 hektar.

“Kami Kabupaten Tasikmalaya sangat bahagia dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar di Tasikmalaya. Ini semua berangkat dari kami seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya ketika mendengar akan ada pembangunan mako brimob kami sepakat bahwa ini kesempatan untuk mendapatkan jaminan rasa aman,” kata dia.

“Mengamankan sesuatu jauh lebih mudah tapi memberikan rasa aman bagi masyarakat itu sangat sulit sekali. Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang memerlukan rasa aman tersebut,” sambung Ade.

Ade Sugianto berharap Kabupaten Tasikmalaya akan mendapat dukungan pembangunan dari sisi investasi sehingga keamanan adalah masalah yang paling utama.

“InsyaAllah dengan adanya mako brimob di Tasikmalaya dapat memberikan rasa aman dan tentunya dapat mendatangkan investor untuk berinvestasi di Tasikmalaya karena adanya jaminan rasa aman,” pungkasnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Mako Brimob Batalyon D Polda Jabar di Cineam ini turut dihadiri dan disaksikan oleh para pejabat utama Polda Jabar, tokoh masyarakat dan para pengusaha serta jajaran pejabat Polres Tasikmalaya Kota.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network