Kapolres Banjar Keluhkan Keterbatasan Anggaran untuk Pengamanan Pemilu 2024

Budiana Martin
Kapolres Banjar Keluhkan Keterbatasan Anggaran untuk Pemilu 2024. Foto: Tangkapan Layar Youtube

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, mengungkapkan kekhawatiran terkait minimnya dukungan anggaran keamanan untuk Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan dan pisah sambut Wali Kota Banjar pada Selasa (5/12/2023) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Bayu menyampaikan keprihatinan mengenai jumlah anggaran keamanan Pemilu yang diterima oleh Polres Banjar. Ia menyoroti bahwa anggaran yang diberikan kali ini tidak sebanding dengan Pemilu lima tahun yang lalu.

"Anggaran yang diterima kepolisian kali ini tidak sebesar saat Pemilu lima tahun yang lalu," ujar Bayu, seperti yang dilansir dari YouTube resmi Humas Kota Banjar.

Menyikapi hal ini, Bayu juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan peningkatan anggaran kepada DPRD Kota Banjar.

"Saya sudah berbicara kepada Ketua DPRD, semoga ada peningkatan anggaran untuk keamanan Pemilu ini," tambahnya.

Bayu mengungkapkan bahwa platfon anggaran untuk Pemilu kali ini sangat terbatas. Polres Banjar, yang biasanya menurunkan setengah dari kekuatannya sebanyak 220 personel, sekarang hanya mendapatkan dukungan untuk 60 personel.

"Anggaran Pemilu yang diberikan oleh pemerintah pusat terbatas. Sebagai contoh, anggaran kampanye minimal sebanyak setengah dari kekuatan 220 personel, tapi sekarang hanya mendapatkan dukungan untuk 60 personel dari pemerintah," jelasnya.

Dari jumlah tersebut, 25 personel akan digunakan untuk komando dan pengendalian, menyisakan 35 personel untuk mengamankan 4 kecamatan.

"Sehingga, dari 35 personel tersebut, kita sebar ke 4 kecamatan dengan hanya 8 personel per kecamatan yang dapat mengamankan sesuai dukungan dari pemerintah," terang Bayu.

Meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, Bayu menyatakan bahwa pihaknya tetap optimis dalam menjaga keamanan Pemilu di Kota Banjar.

"Banjar merupakan kota yang sangat aman. Meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, kita tetap bisa melaksanakan tugas untuk menjaga keamanan," tegasnya.

Besaran anggaran hibah untuk pengamanan Pemilu 2024 Polres Banjar, menurut Kepala Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Banjar, Asep Mulyana, mencapai Rp 3.287.790.000.

"Besaran anggaran hibahnya lebih dari Rp 3 miliar, namun proses naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) belum dilaksanakan, dan anggarannya belum diserap," tutupnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network