Kisah Tukang Kendang Dangdut yang Jadi Kalak BPBD Kota Banjar, Sempat Main Bareng Ayu Ting Ting

Budiana Martin
Kisah Tukang Kendang Dangdut yang Jadi Kalak BPBD Kota Banjar, Sempat Main Bareng Ayu Ting Ting. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Memiliki penampilan sederhana bahkan nyentrik menjadi identitas Kusnadi, seorang tukang kendang yang kini menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat.

Pria yang lahir di Banjar pada 7 Maret 1966 ini dikenal sebagai sosok pejabat yang sangat mencintai musik dangdut. Nama Zupen, panggilan dari Kusnadi cukup legendaris dan dikenal sebagai pecinta dangdut di daerahnya.

Tidak hanya sebagai pecinta musik, Zupen juga memiliki banyak keahlian memainkan alat musik, khususnya yang berkaitan dengan dangdut seperti kendang.

Permainan kendangnya sangat mahir, karena sebelum menjadi pejabat, Zupen kerap pentas menjadi tukang kendang.

"Bermain kendang itu dari muda, tahun 1987-an," kata Kusnadi saat ditemui iNewsTasikmalaya.id, Minggu (22/10/2023).

Zupen mengaku, dari keahlian memainkan kendang, dirinya sering kebanjiran job. "Dulu sempat ada orang yang nelpon dari luar negeri meminta saya pentas," ucapnya. 

Lanjut Zupen, ternyata penelepon itu merupakan TKI yang bekerja di Hongkong. Ia meminta Zupen untuk bermain kendang saat tiba di kampung halamannya di Ciamis.

"Sering juga sih orang-orang yang bekerja di luar negeri dan ketika pulang memesan ingin dihibur oleh kelompok dangdut saya," ungkap Zupen.

Ia menceritakan kisahnya mencintai musik dangdut. Zupen menilai, banyak manfaat dan pengalaman yang didapatnya ketika dirinya bergelut di dunia dangdut.

Zupen pun bangga sebagai pecinta musik dangdut. "Dari dunia dangdut saya memiliki banyak pengalaman yang tidak akan bisa ditemukan di mana pun," ujarnya.

Apalagi, ketika dirinya bisa mendorong orang untuk mengembangkan potensinya seperti yang dialami artis Ayu Ting Ting.

Salah satu artis ternama di Indonesia itu diklaim Zupen dulunya sering ikut pentas dengan kelompok dangdut yang diberinama Group Entertaiment Zupen.

"Sebelum menjadi artis dan masuk TV, dulu Ayu Ting Ting sering minta job dan pentas bareng saya. Ketika dia sekarang sukses saya ikut senang, dan itu berkat musik dangdut," tandasnya.

Meski saat ini Zupen telah menjadi pejabat di Kota Banjar, ia mengaku tidak akan meninggalkan hobby dan keterampilannya dalam memainkan kendang untuk mengiringi musik dangdut.

"Sampai saat ini masih suka main. Kalau ada panggilan dan waktunya di luar jam kerja, saya pasti ikut bermain kendang dengan group entertaiment saya," tutupnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network