Pembangunan Tol Getaci dan Dampaknya terhadap Tempat Wisata Alam Gunung Galunggung Tasikmalaya

Heru Rukanda
Pembangunan Tol Getaci dan Dampaknya terhadap Tempat Wisata Alam Gunung Galunggung Tasikmalaya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

Pemerintah setempat dan para pemangku kepentingan harus bekerja sama untuk melindungi keaslian alam Gunung Galunggung.

Untuk menjaga keindahan Gunung Galunggung sambil meraih manfaat dari peningkatan pariwisata, pengelolaan wisata yang berkelanjutan sangat penting. 

Program pendidikan kepada wisatawan dan penduduk lokal tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan, serta kebijakan pengelolaan yang bijaksana, dapat membantu melindungi sumber daya alam yang ada.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, ada peluang bisnis baru bagi pengusaha lokal. Mereka dapat mengembangkan usaha wisata, termasuk homestay, agrowisata, dan warung makan lokal. 

Dengan dukungan yang tepat, pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan pendapatan dan mendukung ekonomi lokal.

Site Manajer Gunung Galunggung Sumarsono mengatakan, kehadiran Tol Getaci nanti diperkirakan akan membawa dampak terhadap tempat wisata di Tasikmalaya termasuk ke Gunung Galunggung. 

"Saya pikir adanya Tol Getaci akan berdampak pada pariwisata di Tasikmalaya. Dengan adanya rencana exit tol di wilayah Singaparna dan Kota Tasikmalaya tentunya dapat memjadi akses ke Galunggung," kata Sumarsono, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, dengan konektivitas yang semakin baik dan akses jalan yang lebih cepat akan memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Tasikmalaya khususnya ke objek wisata Cipanas dan Kawah Gunung Galunggung. 

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Tol Getaci nanti akan memberikan dampak positif bagi kunjungan wisata ke Gunung Galunggung," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Koperasi Pariwisata Galunggung (Koparga) Totoy Suhendar (50) mengatakan, pembangunan Tol Getaci dapat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pariwisata, termasuk wisata alam Gunung Galunggung Tasikmalaya

"Saya rasa akan berdampak pada kunjungan wisata juga dengan adanya akses exit jalan tol ke Tasikmalaya. Dengan adanya Jalan Cisinga juga cukup berdampak," ujar Totoy. 

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network