Panen Karya Siswa SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya, Tingkatkan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila

Heru Rukanda/Asep Juhariyono
Panen Karya Siswa SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya, Tingkatkan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

Panen Karya Siswa SMP Negeri 1 Kota Tasikmalaya, Tingkatkan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

Nina menyampaikan, dari hasil kegiatan bazar tersebut, anak-anak memberikan sumbangan dari keuntungan yang diperoleh. 

"Tadi itu saya lihat mereka itu sudah memberikan sumbangan dari keuntungannya. Rencananya anak-anak itu mau sumbangan air bersih. Sekarang kan kemarau," tandasnya. 

"Tadi dengar dari laporan panitia kelas 8 ini donasi sudah mulai masuk. Sesuai dengan pembelajaran diferensiasi membangun jiwa raga, artinya harus sehat lahir batinnya. Tadi ada yang show, senam irama, tarian, poster makanan P2SA, ada juga poster anti bullying. Karena itu yang memang kemarin selama 2 minggu kita tanamkan karakter ke anak-anak," jelas Nina. 

Ia menambahkan, pada kegiatan panen karya tersebut ada 2 tema yang dilaksanakan. Nina berharap, dengan kegiatan gelar panen karya P5, tentu saja sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu membentuk karakter profil pelajar Pancasila. Di antaranya yang pertama meningkatkan iman dan takwa, mandiri, kreatif, gotong royong, berpikir kritis. 

Dengan gelar karya terlihat jelas bagaimana anak-anak berupaya untuk kreatif, apalagi dengan tema kewirausahaan, bagaimana mereka promosi barang, berupaya mengumpulkan modal. 

Sedangkan untuk kelas 7 juga sama kolaborasi dan itu terlihat nyata di mana mereka belajar sekalipun hal yang sangat sederhana, semisal memasangkan kawat untuk menyimpan gambar-gambar promosi.

"Itu harapan kami, anak-anak memiliki jiwa profil pelajar Pancasila sedini mungkin dan terbiasa, karena yang susah itu membiaskannya itu. Kepeduliannya itu mereka menyisihkan keuntungannya untuk amal," pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network