STIKes Muhammadiyah Ciamis Gelar Mastama: Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Lingkungan Kampus

Heru Rukanda
STIKes Muhammadiyah Ciamis Gelar Mastama: Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Lingkungan Kampus. Foto: Istimewa

Nur Hidayat menyoroti perbedaan antara dunia pembelajaran di perguruan tinggi dengan tingkat sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK). Di perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk menjadi lebih aktif dan mandiri dalam mencari sumber ilmu.

"Proses pendidikan di perguruan tinggi itu berbeda. Waktu SMA atau SMK mungkin hanya sekitar 80 persen dari guru dan 20 persen aktif di luar. Namun di perguruan tinggi dibalik, pengajaran hanya 20 persen dari dosen dan 80 persen aktif di luar lingkungan kampus," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa di STIKes Muhammadiyah Ciamis dituntut untuk menjadi kreatif, inovatif, dan disiplin. Kreativitas dan inovasi ini terlihat dalam kegiatan Mastama, yang mencerminkan semangat belajar mahasiswa baru.

STIKes Muhammadiyah Ciamis memiliki slogan inovasi yang tak terbatas, memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk berpikir kreatif dan berkontribusi dalam menciptakan inovasi terutama dalam bidang kesehatan.

Nur Hidayat menutup dengan menyatakan bahwa pihak kampus memberikan keleluasaan bagi seluruh mahasiswa untuk berinovasi dalam mendukung proses pendidikan mereka. Dia juga menyambut seluruh mahasiswa baru dan menyatakan bahwa mereka adalah bagian dari keluarga besar STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Dengan adanya Mastama, STIKes Muhammadiyah Ciamis membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan memahami tuntutan pendidikan tinggi, mengukuhkan komitmen mereka dalam mencetak generasi unggul dan islami.

 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network