PPM Jurusan Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsil Tasik di Desa Putrapinggan

Kristian
PPM Jurusan Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi Tasikmalaya di Desa Putrapinggan Pangandaran. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

PPM Skema Program Kemitraan Masyarakat: Inovasi, Edukasi Packaging dan Labeling Product

Sebagian warga desa Putrapinggan merupakan petani dengan berbagai macam hasil kebun dan ladang. Salah satu produk unggulan daerah ini adalah pohon kelapa yang dapat menghasilkan gula kelapa, kelapa muda, dan kelapa tua sebagai bahan santan untuk berbagai macam masakan. Selama ini masyarakat mengetahui proses pembuatan gula kelapa tradisional denagn memasak, mencetak dan menjualnya. 

Sebagai bentuk inovasi produk gula kelapa, tim pelatihan peningkatan nilai jual produk (inovasi, edukasi packaging dan labeling) yang diketuai oleh Agi Rosyadi, S.E., M.M., dengan anggota: Wilman San Marino, S.E., M.M., Cindera Syaiful Nugraha, S.E., M.M., dan Deny Hidayat, S.E., M.M. mengajarkan kepada masyarakat tentang inovasi gula kelapa menjadi gula semut. Proses pembuatan gula semut yang bisa mengandalkan peralatan dapur sederhana memungkinkan masyarakat untuk mempraktikannya langsung di rumah.

PPM Skema Program Kemitraan Masyarakat: Diversifikasi Olahan Hasil Laut

Sebagian masyarakat Desa Putrapinggan yang terletak sekitar 10 menit dari bibir pantai merupakan nelayan yang hampir setiap hari menangkap berbagai hasil laut seperti ikan, cumi, dan udang. Sebagian hasil laut tersebut langsung dijual namun tidak jarang berbagai hasil laut segar tidak langsung diserap oleh pasar. Alternatif strategi pengolahan yang selama ini banyak dilakukan adalah mengeringkan berbagai hasil laut tersebut menjadi ikan asin. 

Pada kesempatan PPM tahun 2023 ini tim dosen Jurusan Perbankan dan Keuangan Unsil yang diketuai oleh Yuyun Yuniasih, S.E., M.Si, dengan anggota: Mira Rahmawati, S.P., M.M., Ali Subrata, S.E., M.M., dan Annas Syams Rizal Fahmi, S.E.I., M.E menyelenggarakan pelatihan pengembangan kewirausahaan diversifikasi olahan hasil laut dengan produksi sambal cumi. Masyarakat belajar proses pembuatan sambal cumi mulai dari pemilihan bahan, cara memasak hingga pengemasan. 

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network