3 Siswa Lulusan Terbaik SMK BPN Tasikmalaya Dapat Beasiswa Pelatihan Kerja ke Jepang

Asep Juhariyono
3 Siswa Lulusan Terbaik SMK BPN Tasikmalaya Dapat Beasiswa Pelatihan Kerja ke Jepang. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

Sementara itu, Biben Fikriana mengatakan, beasiswa yang diberikan untuk siswa lulusan terbaik tersebut merupakan apresiasi prestasi. Beasiswa yang diberikan berupa pelatihan dan persiapan kerja ke Jepang untuk tiga siswa berprestasi dengan nilai akademik terbaik.

"Beasiswa ini saya berikan yang pertama untuk 3 siswa terbaik. Selanjutnya insyaAlloh saya akan memberikan beasiswa berikutnya secara berkelanjutan untuk siswa-siswa yang lolos penyeleksian oleh pihak kami," kata dia.

Biben yang merupakan keponakan tokoh pendidikan nasional dan mantan anggota DPD RI, Profesor. Dr. H M Surya, menuturkan, melalui program beasiswa tersebut diharapkan dapat memudahkan dan meringankan beban biaya bagi lulusan SMK yang memiliki potensi unggul untuk bisa berkarier dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, selain dapat meningkatkan peekonomian keluarganya.

“Kebutuhan tenaga kerja di luar negeri khususnya negara maju seperti Jepang itu sangat tinggi karena negara Jepang sudah mengalami defisit SDM (usia kerja). Sedangkan di Indonesia SDM itu sangat melimpah, hanya saja dibutuhkan persyaratan khusus untuk bisa menembus kerja di Jepang. Di antaranya dibutuhkan keahlian bahasa (tersertifikasi), tentu saja membutuhkan proses pelatihan yang memakan biaya cukup besar,” tandasnya.

Ia menambahkan, bahwa pendidikan dan pelatihan ini memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya yang akan bekerja di luar negeri. Maka dari itu, ia bertekat untuk bisa lolos menjadi salah satu anggota DPD RI mewakili Provinsi Jawa Barat di periode 2024-2029 nanti, supaya dapat lebih leluasa dalam membuat kebijakan dan program terkait kesehatan, pendidikan, ketengakerjaan, serta kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

“Dengan adanya program beasiswa ini, saya sangat berharap para siswa-siswa dan lulusan SMK BPN Tasikmalaya dapat memanfaatkannya seoptimal mungkin,” pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network