Team Assested Interpersonalization Bantu Guru Optimalkan Proses Belajar Siswa

Ika Mustika
Team Assested Interpersonalization Bantu Guru Optimalkan Proses Belajar Siswa. Foto: IST

Model pembelajaran TAI mempunyai beberapa kelebihan, yaitu siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dengan mengajari kawan-kawannya, sedangkan siswa yang lemah akan terbantu dalam memahami mata pelajaran sehingga dapat meningkatnya hasil belajar. Kelebihan lainnya yaitu mengajari siswa untuk saling bisa menghargai, bertanggung jawab serta melatih siswa untuk berani mengutarakan pendapat.

Pembelajaran inovatif abad 21 memiliki karakteristik yang mengarah peda pembelajaran interaktif, holistik, integrative, saintifik kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan tentunya berpusat pada peserta didik. Sehingga dalam implementasinya dengan menerapkan model atau metode pembelajaran yang berorientasi pada karakteristik tersebut.

Salah satu penilaian dalam pembelajaran abad 21 disusun dan dikembangkan untuk mengukur pencapaian peserta didik dari sudut kompetensi intrapersonal dan interpersonal. Hal tersebut sejalan dengan model kooperatif Tipe Team Asissten Interpersonalized.

 

Referensi :

Wahyuningsih, Arsita. 2021. Pendidikan Pembelajaran Inovatif Abad 21. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network