Model pembelajaran TAI mempunyai beberapa kelebihan, yaitu siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dengan mengajari kawan-kawannya, sedangkan siswa yang lemah akan terbantu dalam memahami mata pelajaran sehingga dapat meningkatnya hasil belajar. Kelebihan lainnya yaitu mengajari siswa untuk saling bisa menghargai, bertanggung jawab serta melatih siswa untuk berani mengutarakan pendapat.
Pembelajaran inovatif abad 21 memiliki karakteristik yang mengarah peda pembelajaran interaktif, holistik, integrative, saintifik kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan tentunya berpusat pada peserta didik. Sehingga dalam implementasinya dengan menerapkan model atau metode pembelajaran yang berorientasi pada karakteristik tersebut.
Salah satu penilaian dalam pembelajaran abad 21 disusun dan dikembangkan untuk mengukur pencapaian peserta didik dari sudut kompetensi intrapersonal dan interpersonal. Hal tersebut sejalan dengan model kooperatif Tipe Team Asissten Interpersonalized.
Referensi :
Wahyuningsih, Arsita. 2021. Pendidikan Pembelajaran Inovatif Abad 21. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA
Editor : Asep Juhariyono
Artikel Terkait