Harga Cabai Masih Mahal, DKP3 Kota Tasikmalaya Minta Warga Manfaatkan Pekarangan untuk Tanam Cabai

Kristian
Harga Cabai Masih Mahal, DKP3 Kota Tasikmalaya Minta Warga Manfaatkan Pekarangan untuk Tanam Cabai. (Foto: Istimewa)

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Pertanian (DKP3) Kota Tasikmalaya gencarkan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan untuk menanam cabai di pekarangan rumah.

Kegiatan itu bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga, sehingga diharapkan kelompok wanita tani (KWT) bisa menanam cabai di halaman atau pekarangn rumahnya masing-masing dan tidak ketergantungan membeli cabai ke pasar.

Data dari UPTD Pasar Resik I Kota Tasikmalaya, harga cabai rawit merah di Pasar Cikurubuk saat ini berada di kisaran Rp85 ribu per kilogram. Masih tingginya harga cabai tersebut lantaran minimnya pasokan dan faktor cuaca dan serangan hama sehingga gagal panen.

Oleh karena itu, DKP3 Kota Tasikmalaya pun mengimbau dan meminta masyarakat untuk menanam cabai di halaman atau pekaranan rumah masing-masing.

“Kita sudah lakukan Kawasan Rumah Pengan Lestari untuk ketahanan pangan di tingkat keluarga,” ujar Kepala Bidang  Ketahanan Pangan DKP3 Kota Tasikmalaya Enung Nurteti, Jumat (24/6/2022).

Menurutu Enung, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan insfeksi mendadak (sidak) terkait ketersediaan dan harga pangan di pasaran.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network