get app
inews
Aa Read Next : Viral di Media Sosial, Fenomena Langka Pulau Bergerak di Kalimantan Barat

5 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Unik dan Lezat

Senin, 04 Oktober 2021 | 12:11 WIB
header img
Minuman khas Kalimantan Barat, Ce Hun Tian.(Foto:Facebook)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak makanan khas Kalimantan Barat yang memiliki rasa lezat dan menggugah selera. Jenisnya juga bermacam-macam.  

Kalimantan Barat tidak hanya kaya akan adat dan budayanya, tetapi juga kuliner khas yang beraneka ragam dan wajib dicoba jika bertandang ke sana. Terutama untuk makanan khas Kalimantan Barat yang dikenal unik. Siapa saja akan penasaran dengan kelezatannya. 

Seperti kita ketahui, Kalimantan Barat terkenal dengan Tugu Khatulistiwa-nya. Ibu kotanya Pontianak, dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa.  Selain itu, Kalimantan Barat juga menyimpan destinasi-destinasi cantik. 

Mulai dari Tanjung Bajau, Danau Sentarum Kapuas Hulu, Hutan Mangrove Mempawah, dan masih banyak lagi. Tak hanya destinasi saja, makanan-makanan khas Kalimantan Barat juga wajib dicoba. 

Makanan khas Kalimantan Barat mempunyai beragam macam. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa menjajal makanan khasnya.

Nah, apa saja sih makanan khas Kalimantan Barat? Berikut daftarnya, seperti dirangkum pada, Senin (4/10/2021). 

1. Pengkang 
Makanan khas Kalimantan Barat di urutan pertama ada Pengkang. Makanan ini cukup populer di sana. Pengkang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan. Jika dilihat sekilas, hidangan ini tampak menyerupai makanan yang populer di Pulau Jawa yakni lemper. 

Namun, yang membedakan dengan lemper adalah isinya. Pengkang diisi dengan udang kering atau ebi. Kalau lemper umumnya diisi abon atau potongan ayam. Pengkang paling enak disajikan dengan sambal kepah. 

2. Bubur pedas 

Makanan khas Kalimantan Barat berikutnya yakni bubur pedas. Memiliki nama asli Bubbor Padda, bubur pedas ini mempunyai banyak keunikan. Mulai dari segi penampilan dan rasa yang tidak sesuai dengan namanya. Ya, meskipun namanya bubur pedas, makanan sebenarnya tidak pedas.  

Nama tersebut diambil karena bubur pedas dibuat dari bebagai macam sayuran dan rempah. Untuk sayur-sayuran, bubur pedas diisi oleh kangkung, daun pakis, daun kunyit, jagung, dan daun kesum. Kemudian untuk bumbu rempahnya yakni bawang merah, bawang putih, daun salam, lada hitam, tulang dan tetelan sapi. 

3. Lek Tau Suan 

Makanan khas Kalimantan Barat selanjutnya yaitu Lek Tau Suan. Hidangan yang satu ini terbuat dari kacang hijau yang telah dikupas kulitnya, kemudian dimasak menggunakan kuah kental dan bening.  

Untuk kuah Lek Tau Suan biasanya dibuat dari tepung tapioka, yang dicampur dengan gula dan daun pandan. Kemudian untuk menyajikannya, makanan ini dilengkapi dengan cakwe garing, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik. 

4. Burung Punai

Selain itu ada Burung Punai, yang merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang cukup terkenal. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari burung punai yang ada di Kalimantan Barat. Biasanya, burung punai dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. 

Untuk cita rasa, burung punai cenderung gurih dan memiliki tekstur empuk.  Sama halnya dengan hidangan burung ataupun unggas lain, hidangan ini paling enak disajikan bersama nasi hangat, sambal, dan lalapan. 

5. Ce Hun Tiau

Makanan khas Kalimantan Barat di urutan terakhir adalah Ce Hun Tiau. Di Kalimantan Barat, tepatnya Pontianak, hidangan ini disebut juga dengan nama Sagu Gunting. Ini merupakan minuman khas yang terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang kemudian dibentuk panjang, tipis, seperti mi. 

Ce Hun Tiau disajikan bersama bahan-bahan lainnya, seperti ketan hitam, kacang merah, mutiara, dan juga bongko. Sebagai minuman khas yang segar, Ce Hun Tiau paling enak disajikan di siang hari saat terik atau sore hari.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut