get app
inews
Aa Read Next : BPBD Ciamis Catat 12 Kejadian Longsor di Sekitar Gunung Sawal dalam Semalam

Dua Rumah di Tasikmalaya Rusak Terseret Longsor

Selasa, 28 September 2021 | 22:12 WIB
header img
Dua rumah warga rusak akibat bencana longsor di Kabupaten Tasikmalaya (Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id - Musibah tanah longsor menimpa warga Kampung Galeong, Desa Nangerang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (27/9/2021). 

Akibatnya dua rumah warga rusak berat setelah terseret longsoran tanah. Tidak ada korban jiwa dalam msuibah yang terjadi akibat dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.  

Menurut keterangan Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Ridwan, kedua rumah warga yang mengalami kerusakan masing-masing milik Dede Eli (40) dan Danu rusak. 

Rumah milik Dede Eli, rusak karena terseret material longsor. Sedangkan rumah mililk Danu (45) rusak akibat tertimpa material longsor, Senin (27/9/2021).

Rumah kedua warga tersebut tak bisa ditempati lagi lantaran terseret dan tertimpa matrial longsor berupa lumpur dan bebatuan. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Penghuni rumah selamat," kata Iwan.

Dikatakan Iwan, untuk sementara warga yang rumahnya rusak diungsikan ke keluarganya yang tak jauh dari lokasi. Pemkab tasikmalaya, kata dia, akan berupaya membantu memperbaiki rumah warga yang rusak tersebut. 

"Untuk sementara rumah tersebut tak bisa ditempati karena rusak terseret dan tertimbun longsor," ujar dia.

Iwan meminta masyarakat setempat lebih waspada lantaran saat ini telah memasuki musim penghujan. Untuk mengantisipasi kejadian serupa ia mengajak masyarakat agar tak melakukan penggalian pada lahan yang berada di kemiringan. 

"Kami imbau agar warga tak membuat kolam atau lahan sawah di lahan yang miring karena beresiko longsor," tutur dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut