GARUT, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut lewat Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut, menggelar Pelatihan Digitalisasi Marketing bagi 150 Pelaku Usaha, bertempat di Ruang Meeting Villa Aleyra, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (23/9/2021).
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Usaha Perdagangan, Disperindag ESDM Garut, Ulfah Fauziah menyebutkan, kegiatan ini diikuti 150 pelaku usaha yang hadir secara tatap muka langsung dan virtual.
“Agenda hari ini yaitu kegiatan digitalisasi bagi IKM yang sudah mendapatkan kurasi pada waktu sebelumnya, peserta sebanyak 75 orang selama 3 hari dibagi 3, karena masa pandemi, (peserta) ada yang virtual, jadi kalau ditotalkan ada 150 peserta, 25 perhari oncam 25 offline (langsung di tempat),” ujar Ulfah.
Ia menuturkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang digitalisasi marketing dengan salah satu poin utamanya adalah agar pelaku usaha bisa bekerja sama dengan pasar elektronik (e-commerce).
“Outputnya yaitu mereka (pelaku usaha) paham mengenai bagaimana digitalisasi awalnya dari foto produk, yang kedua yaitu bagaimana memvideokan produk tersebut, yang ketiga (mengetahui) bagaimana strategi dia bisa bekerja sama dengan pihak e-commerce lokal maupun internasional,” tuturnya.
Ulfah menambahkan, dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak seperti PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan juga dengan salah satu e-commerce nasional yakni Shopee.
Sementara itu, Officer PKU dan JML PNM Garut, Billy Nur Akbar Paramita mengatakan, sinergi seperti ini diperlukan di masa pandemi saat ini karena menurutnya para pelaku UKM memerlukan tindakan nyata baik itu dari pemerintahan ataupun stakeholder lain, dalam rangka meningkatkan ekonomi pelaku UKM, khususnya yang ada di Kabupaten Garut.
"Memang hal-hal yang diperlukan saat ini oleh UKM adalah tindakan nyata yang dilakukan oleh semua stakeholder, terutama itu ada sinergi antara BUMN dan juga pemerintah daerah, tentunya ini menjadi hal yang positif, mudah-mudahan memang di masa pandemi ini kita bisa membantu juga ya untuk meningkatkan ekonomi para UKM,” kata Billy.
Ia berharap acara pelatihan untuk pelaku usaha seperti ini tidak hanya dilakukan sekali saja, namun terus berkelanjutan sehingga para UKM bisa merasa terbantu.
Sebagai tim dari Shopee yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini, mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan materi dasar dalam marketing kepada peserta pelatihan ini, karena menurutnya hal tersebut yang menjadi pondasi bagi para pelaku UKM.
“Harapannya kita juga menjadi satu bagian penting, dan juga menjadi bagian dalam rangka meningkatkan ekonomi para UKM, dan juga kita harapkan acara ini tidak hanya saat ini saja, bisa dilakukan sepanjang tahun, setiap saat, sehingga apda akhirnya UKM juga terbantu oleh bukan hanya permodalan saja, tapi dibekali juga ilmunya,” harapnya.
Editor : Asep Juhariyono