PLN UP3 Tasikmalaya Gelar Pasukan Yantek, Perkuat Budaya K3 di Bulan K3 Nasional
![header img](https://img.inews.co.id/media/600/files/networks/2025/02/12/41ad9_k3.jpg)
TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang berlangsung dari 12 Januari hingga 12 Februari 2025, PLN UP3 Tasikmalaya menggelar berbagai kegiatan bertema keselamatan kerja.
Salah satu puncaknya adalah gelar Pasukan Pelayanan Teknik (Yantek) yang berlangsung secara serentak di seluruh Unit Layanan Pelanggan (ULP) pada Rabu (12/2/2025).
Kegiatan ini melibatkan petugas Yantek dari berbagai wilayah kerja PLN UP3 Tasikmalaya, termasuk ULP Tasikmalaya Kota, ULP Banjar Kota, ULP Ciamis, ULP Rajapolah, ULP Singaparna, ULP Karangnunggal, dan ULP Pangandaran.
Manager PLN UP3 Tasikmalaya, Arief Rahman Hakim, menegaskan pentingnya menjaga produktivitas tanpa mengesampingkan aspek keselamatan kerja (safety).
Hal ini sejalan dengan tema Bulan K3 Nasional 2025, yaitu Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3.
Dalam gelaran kali ini, PLN memastikan para petugas memahami konsep Peer to Peer Check, yaitu metode pengecekan antar rekan kerja sebelum bertugas.
Dengan praktik langsung, para petugas Yantek diminta untuk mengecek kelengkapan dan kebenaran penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang meliputi helm, kacamata pelindung, pakaian kerja (wearpack), rompi, sarung tangan, dan sepatu safety.
"Peer to Peer Check ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi siap dan aman sebelum bertugas," ujar Arief.
Selain itu, Manajemen PLN UP3 Tasikmalaya juga melakukan inspeksi APD guna memastikan bahwa perlengkapan yang digunakan masih layak pakai, berfungsi optimal, dan nyaman digunakan.
Di tingkat provinsi, General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi, menegaskan bahwa kegiatan gelar pasukan Yantek adalah bagian dari strategi PLN dalam meningkatkan keandalan layanan listrik dan kepuasan pelanggan.
"Kegiatan ini mencerminkan komitmen PLN dan mitra kerja dalam memastikan kesiapan personel di lapangan. Ini juga merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi perusahaan sebagai penyedia solusi energi nomor satu pilihan pelanggan," kata Agung.
Dengan penerapan budaya K3 yang kuat, PLN UP3 Tasikmalaya berkomitmen untuk terus meningkatkan keselamatan kerja, efisiensi layanan, dan transisi menuju energi yang lebih berkelanjutan.
Editor : Asep Juhariyono