get app
inews
Aa Read Next : Pj Wali Kota Tasikmalaya Instruksikan DLH Periksa Kondisi Pohon untuk Cegah Insiden Tumbang

Pemkab Tasikmalaya Klaim 70 Persen Jalan dalam Kondisi Baik

Senin, 21 Oktober 2024 | 20:30 WIB
header img
Kabid DPUTR-KPLH Kabupaten Tasikmalaya, Romi Gardara. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus berkomitmen meningkatkan infrastruktur jalan demi mendukung mobilitas dan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data terbaru, 70 persen dari total 1.230,45 kilometer panjang jalan kabupaten kini berada dalam kondisi baik. Angka ini setara dengan sekitar 799,7 kilometer jalan yang telah layak digunakan.

Kemajuan ini menunjukkan peningkatan sebesar 5 persen dibandingkan tahun 2020, di mana persentase jalan layak hanya mencapai 65 persen. 

Meski dihadapkan dengan keterbatasan anggaran, Pemkab Tasikmalaya mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada, baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPUTR-KPLH) Kabupaten Tasikmalaya, Romi Gardara, menjelaskan bahwa hasil positif ini tak lepas dari berbagai upaya perbaikan dan pemeliharaan. 

Program rekonstruksi, pemeliharaan berkala, hingga pemeliharaan rutin dilakukan pada 93 ruas jalan kabupaten.

"Selain memperbaiki jalan yang rusak, kami juga menargetkan untuk memantapkan kondisi jalan di tiga jalur arteri utama, yaitu Papayan-Cikalong, Warungpeuteuy-Taraju, dan Ciawi-Singaparna. Ini akan meningkatkan konektivitas dan akses masyarakat ke berbagai wilayah," ujar Romi pada Senin (21/10/2024).

Meski demikian, Romi mengakui bahwa tantangan dalam hal ketersediaan anggaran masih menjadi kendala utama. Namun, pihaknya tetap berusaha maksimal untuk menyelesaikan proyek-proyek infrastruktur yang telah direncanakan.

Suherman, Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Tasikmalaya, menambahkan bahwa kemampuan fiskal daerah masih terbatas. 

Namun, pihaknya terus mencari solusi melalui optimalisasi anggaran yang tersedia dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

"Perbaikan infrastruktur jalan yang dilakukan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Jalan yang baik memudahkan akses ke fasilitas umum, meningkatkan kegiatan ekonomi, serta mendukung pengembangan sektor pariwisata yang semakin berkembang di Kabupaten Tasikmalaya," ungkap Suherman.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berharap dengan terus dilakukannya peningkatan infrastruktur, kualitas hidup masyarakat setempat dapat terus membaik.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut