get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Kota Tasikmalaya Mediasi Sengketa Kampanye Antara Dua Paslon Pilkada 2024

Pj Wali Kota Tasikmalaya dan Forkopimda Cek Gudang Logistik KPU Jelang Pilkada 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 15:53 WIB
header img
Pj Wali Kota Tasikmalaya dan Forkopimda Cek Gudang Logistik KPU Jelang Pilkada 2024: Semua Elemen Sudah Siap. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Menjelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, bersama jajaran Forkopimda melakukan inspeksi ke gudang logistik KPU yang terletak di Jalan A.H Nasution, Kecamatan Mangkubumi, pada Selasa (8/10/2024). 

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan logistik menjelang pemilihan serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Dalam pengecekan tersebut, Pj Wali Kota didampingi oleh Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, dan Dandim 0612/Tasikmalaya, Letkol Arm Yan Octa Rombenanta. Hadir pula Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Asep Rismawan, serta perwakilan Bawaslu Kota Tasikmalaya.

Cheka Virgowansyah menyatakan bahwa pengecekan ini bertujuan untuk memastikan semua kebutuhan logistik Pilkada sudah tersedia dengan lengkap. 

"Kami memeriksa kesiapan logistik untuk Pilkada, dan hasilnya bilik suara, kotak suara, tinta, segel, hingga kabel tis sudah lengkap. Jadi semua elemen logistik utama sudah siap," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa surat suara dan surat pengantar formulir yang biasanya tiba menjelang hari pelaksanaan Pilkada akan menyusul dalam waktu dekat. 

"Hanya tinggal dua elemen lagi yang belum datang, yaitu surat suara dan formulir pengantar. Biasanya memang kedua hal ini akan tiba mendekati hari pemungutan suara," tambah Cheka.

Terkait kondisi gudang logistik, Pj Wali Kota memastikan bahwa tempat tersebut aman, namun ia tetap mewaspadai potensi kebocoran karena saat ini sedang musim hujan. 

"Secara kasat mata, tempat ini aman dari bocor, tapi karena sekarang musim hujan, kami ingin memastikan tidak ada titik-titik yang rentan. Jika ditemukan, tentu kami akan segera menanganinya," jelasnya.

Cheka juga menyebut perlunya peningkatan kenyamanan di dalam gudang, terutama saat kegiatan sortir dan pelipatan surat suara yang melibatkan banyak orang. 

"Kami mempertimbangkan penambahan AC untuk memastikan suhu di dalam gudang tetap nyaman, terutama saat proses sortir berlangsung, agar pekerja tidak mengalami kelelahan akibat panas," ujarnya.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Joko Sulistiono, juga memberikan masukan untuk meningkatkan sistem keamanan di gudang logistik dengan menambah kamera CCTV yang mengarah ke pintu masuk.

"Saat ini sudah ada enam CCTV, tetapi perlu ditambah agar kami bisa memantau siapa saja yang datang, termasuk dengan menggunakan kamera infra-merah agar aktivitas di sekitar gudang terpantau dengan jelas," ungkap Kapolres.

Cheka menambahkan bahwa proses sortir surat suara yang melibatkan banyak orang akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk mengantisipasi risiko kesehatan, pihaknya berencana menyiapkan tim medis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas, serta menyediakan ambulans di lokasi.

"Kami akan siapkan tenaga kesehatan dari Dinkes dan Puskesmas, termasuk ambulans, untuk berjaga-jaga jika ada pekerja yang mengalami masalah kesehatan selama proses sortir dan pelipatan berlangsung," pungkas Cheka.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut