get app
inews
Aa Read Next : Ivan Dicksan Silaturahmi ke Rais Aam PCNU Kota Tasikmalaya KH Aban Bunyamin, Didoakan jadi Wali Kota

Kompol Fajar Cahyono Gantikan Kompol Iyus Ali Yusup sebagai Danyon D Pelopor SatBrimob Polda Jabar

Kamis, 05 September 2024 | 12:32 WIB
header img
Komisaris Polisi Fajar Cahyono Gantikan Kompol Iyus Ali Yusup sebagai Danyon D Pelopor SatBrimob Polda Jabar. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.idKompol Fajar Cahyono resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Danyon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar, menggantikan Kompol Iyus Ali Yusup yang dimutasi sebagai Pamen Satbrimob Polda Jabar. Sebelumnya, Kompol Fajar bertugas sebagai Danden Gegana Satbrimob Polda Jabar.

Mutasi ini disinyalir sebagai dampak dari insiden yang melibatkan aparat kepolisian saat pengamanan aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (3/9/2024). Pada kejadian tersebut, sejumlah mahasiswa menggelar aksi protes yang berujung pada tuntutan pencopotan Kompol Iyus dari jabatannya.

Sehari setelah insiden tersebut, Rabu (4/9/2024), ratusan mahasiswa yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Tasikmalaya menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Tasikmalaya Kota. Mereka menuntut evaluasi atas tindakan kepolisian dan meminta Kompol Iyus dicopot dari jabatannya sebagai Danyon D Pelopor.

Dalam unjuk rasa itu, Kompol Iyus Ali Yusup langsung menyampaikan permintaan maaf di hadapan para demonstran. Ia dengan tulus mengakui kesalahannya dan menyatakan kesediaannya untuk bertanggung jawab atas insiden tersebut.

"Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dengan hati yang tulus. Saya ikhlas dan ridho, karena ini memang kesalahan saya sebagai manusia," ujar Kompol Iyus di hadapan ratusan massa.

Meski telah meminta maaf, Kompol Iyus menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait mutasi tersebut kepada pimpinannya di Polda Jabar. Ia menyatakan siap menerima segala konsekuensi atas tindakannya.

"Semua saya serahkan kepada pimpinan, karena ada mekanisme yang harus dilalui. Namun, saya berharap permohonan maaf ini dapat diterima," lanjutnya.

Pergantian kepemimpinan di Satbrimob Polda Jabar ini diharapkan dapat meredakan situasi pasca aksi demonstrasi yang sempat memanas di Kota Tasikmalaya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut