get app
inews
Aa Read Next : PKS Siap All Out Menangkan Pilkada 2024 di Jawa Barat

Pasangan Herdiat-Yana Daftar ke KPU Ciamis, Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 | 16:17 WIB
header img
Pasangan Herdiat-Yana Daftar ke KPU Ciamis, Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Yana D Putra (HY), resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis pada Kamis (29/8/2024) pukul 10.00 WIB. 

Mereka diantar oleh ribuan pendukung, baik dari partai politik maupun relawan.

Sebanyak 18 partai politik peserta Pemilu 2024 di Ciamis mengantar pasangan HY ke KPU untuk menghadapi kotak kosong.

Ketua Sekretariat Gabungan (Setgap) Koalisi Ciamis Maju, Pipin Arif Apilin, menjelaskan, bahwa seluruh partai peserta pemilu di Ciamis telah bersepakat untuk mengusung dan mendukung pasangan HY dalam Pilkada 2024

Terdapat 10 partai yang memiliki kursi di DPRD Ciamis dan 8 partai non-parlemen yang tergabung dalam koalisi ini.

"Sebanyak 15 partai menjadi pengusung, sementara 3 partai sebagai pendukung. Semua partai di Ciamis resmi mengusung dan mendukung Herdiat-Yana maju di Pilkada 2024," ujar Pipin di KPU Ciamis, Kamis (29/8/2024).

Dengan seluruh partai peserta pemilu di Ciamis yang bergabung dalam koalisi ini, Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani, mengtakan bahwa tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. 

"Tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran pasangan calon. Semua partai di Ciamis hari ini ramai-ramai mengantarkan pasangan Herdiat-Yana mendaftar ke KPU," ujar Oong dalam konferensi pers usai pendaftaran pasangan HY.

Oong menambahkan, Pilkada Ciamis 2024 resmi hanya diikuti oleh satu pasangan calon, yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. 

Setelah memeriksa berkas pendaftaran yang diserahkan pasangan HY, KPU Ciamis menyatakan bahwa berkas tersebut lengkap. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi untuk memastikan keabsahan berkas.

"Jadwal berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan pasangan calon pada Senin (2/9/2024) di RSUD Ciamis," jelas Oong.

Karena hanya ada satu pasangan calon, Oong menyebut tidak akan ada pengundian nomor urut. 

"Yang akan dilakukan adalah pengundian posisi foto pasangan calon di surat suara, apakah di kiri atau kanan. Dalam surat suara nanti ada satu foto pasangan calon, dan yang satu lagi kosong," imbuhnya.

Demikian pula dengan debat calon, yang hanya akan digantikan oleh penyampaian visi dan misi pasangan calon tunggal. Sementara tahapan kampanye akan tetap berlangsung sesuai jadwal, termasuk aturan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Jika dalam Pilkada 2024 di Ciamis kotak kosong yang menang, Pilkada selanjutnya baru akan digelar pada tahun 2029. Selama lima tahun ke depan, Ciamis akan dipimpin oleh seorang Penjabat (Pj) Bupati.

Di kesempatan yang sama, calon Bupati Herdiat Sunarya menyatakan bahwa dukungan dari 18 partai di Ciamis menjadi motivasi tambahan untuk memenangkan Pilkada 2024 dan membangun Ciamis menjadi lebih maju dan sejahtera dalam lima tahun ke depan.

"Pada Pilkada 2018, dengan dukungan 6 partai, alhamdulillah kami meraih 60% suara. Sekarang, dengan dukungan seluruh partai, target suara tentu lebih tinggi, bisa mencapai 80 persen atau bahkan 90 persen," ujar Herdiat di hadapan para wartawan.

 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut