get app
inews
Aa Read Next : PKB Gelar Konsolidasi Pemenangan Pilkada Kota Tasikmalaya 2024, Targetkan Jabar Bahagia Menang

Ribuan Warga Kota Tasikmalaya Suka Cita Ikut Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H

Minggu, 07 Juli 2024 | 06:28 WIB
header img
Ribuan Warga Kota Tasikmalaya Suka Cita Ikut Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ribuan warga dari berbagai wilayah di Kota Tasikmalaya mengikuti pawai obor untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah pada Sabtu (6/7/2024) malam.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB, ribuan warga dari berbagai kecamatan di Kota Tasikmalaya terlihat melintasi Jalan Batu Andesit, Masjid Agung Kota Tasikmalaya. 

Mereka berjalan sambil membawa obor dan sejumlah bendera merah putih. Rombongan dari berbagai kecamatan itu juga memukul bedug sambil melantunkan sholawat nabi.

Selain obor, beberapa warga terlihat berjalan sambil menyalakan lilin yang ditutupi plastik botol agar tidak padam saat tertiup angin. 

Berbagai pertunjukan seperti menyemburkan minyak tanah hingga menghasilkan semburan api juga dipertontonkan peserta pawai obor kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di seputaran Jalan Batu Andesit Masjid Agung hingga Jalan HZ Mustofa.

Warga nampak bersuka cita dan larut dalam kebahagiaan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. 

Sejumlah pengendara, baik roda dua maupun empat, yang melintas di jalan tersebut mengabadikan momen pawai obor yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai wilayah di Kota Tasikmalaya.

Dalam pawai obor itu, terlihat petugas kepolisian dan Satpol PP Kota Tasikmalaya berjaga untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

Salah seorang warga kecamatan Cihideung, Rifki (27), yang ikut meramaikan pawai obor mengatakan, pawai obor sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Indonesia, terutama di Kota Tasikmalaya, dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram.

"Alhamdulillah, saya bisa kembali ikut turun ke jalan untuk bersatu dengan warga lainnya dalam pawai obor ini," kata Rifki pada iNewsTasikmalaya.id.

Rifki juga menambahkan bahwa pawai obor ini akan berlangsung hingga mengelilingi jalanan pusat kota. 

"Insya Allah, kita keliling jalan pusat kota. Karena ini harus disambut dengan penuh suka cita untuk menyambut tahun baru Islam ini," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut