get app
inews
Aa Read Next : Dedi Mulyadi-Uu Ruzhanul Ulum Bahas Jodoh di Pilgub Jabar dan Tunggu Restu Jadi Calon

Mantan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Maju dalam Pilkada Kota Tasikmalaya 2024

Senin, 22 April 2024 | 14:26 WIB
header img
Perwakilan Mantan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Ambil Formulir Pendaftaran Bacawalkot untuk Pilkada Kota Tasikmalaya 2024 dari PPP. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, mengambil langkah untuk turut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kota Tasikmalaya

Pada Senin (22/4/2024) pagi, Uu mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wali kota (bacawalkot) dan calon wakil wali kota (cawalkot) di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Tasikmalaya.

Uu, yang pernah menjabat Wagub Jabar periode 2018-2023 dan juga mantan Bupati Tasikmalaya, mengutus sejumlah orang kepercayaannya untuk mengambil formulir pendaftaran tersebut. 

Ketua Brigade Hurriyatul Ummat (Barhu) Jabar, H Ujang Supriatna, dipercayakan untuk mewakili Uu dalam mengambil formulir tersebut di Desk Pilkada 2024 PPP Kota Tasikmalaya.

Dalam keterangannya kepada wartawan, H Ujang Supriatna menyampaikan, bahwa Uu memiliki niat tulus untuk membangun Kota Tasikmalaya. 

"Untuk mengambil formulir, karena di Kota Tasikmalaya kantor DPC PPP sudah dibuka untuk penjaringan pencalonan wali kota dan wakil wali kota. Untuk itu pak Uu menugaskan ke kami dan diberikan mandat kuasa, karena pak Uu tidak bisa sedang ada kegiatan di pesanten yaitu wisuda akbar," kata H Ujang.

Meskipun harus turun dari jabatan mantan Wagub Jabar, Uu tetap berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah tersebut.

"Untuk membangun bahwa kota Tasikmalaya ini sangat perlu dan sangat diperlukan, yang artinya diperlukan oleh segenap Kota Tasikmalaya, karena pak Uu sebagai dari cucu daripada Kyai Khoer Afandi pimpinan Pesantren Miftahul Huda," ujarnya.

"Sebetulnya tidak alternatif juga, pak Uu artinya kan nawaetunya, niatnya tulus untuk membangun daerah sendiri. Kesempatan di Pilgub mungkin karena ya kami terus terang di pilkada ini belum ada keputusan," tambahnya.

Lanjut dia, ada tantangan yang harus dihadapi terkait persyaratan tidak pernah menjabat dua periode di pemerintahan sebelumnya saat pendaftaran. 

Meskipun demikian, optimisme tetap menguat bahwa Uu dapat lolos dalam proses seleksi. Hal itu bisa dilihat dengan mencalonkannya Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto pada Pilkada 2024.

"SK itu kami belum bisa berbicara, karena harus dilihat, tetapi secara gambaran sama-sama dengan pak Ade Sugianto sebagai Vupati dia juga mencalonkan. Kalau dia lolos mencalonkan berarti pak Uu juga sama," tegasnya.

Sementara itu, anggota Desk PPP Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Yanuar M Rifki, menekankan pentingnya memastikan kelayakan kandidat, termasuk persyaratan tidak pernah menjabat dua periode di pemerintahan sebelumnya. 

"Pak Uu kan sudah pernah menjabat Bupati, nah dua periode setidaknya terhitung 2,5 tahun di periode kedua. Apakah sudah masuk 2,5 tahun atau belim saat dilantik menjabi Wagub. Kita ingin memastikan itu kepada semuanya," ucap Yanuar.

"Saat ini, sudah ada enam orang yang mengambil formulir pendaftaran penjaringan di PPP, termasuk Uu Ruzhanul Ulum," tambah Yanuar. 

Proses pengembalian formulir pendaftaran dijadwalkan berakhir pada tanggal 24 April mendatang.

Dengan langkah ini, persaingan dalam Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya semakin memanas dengan munculnya nama-nama calon potensial, termasuk Uu Ruzhanul Ulum.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut