get app
inews
Aa Read Next : Ugal-ugalan di Jalan, Pemuda di Banjar yang Diduga Anggota Geng Motor Diamuk Massa

Kapolres Tasikmalaya Kota: Berbuat Pidana, Geng Motor akan Ditindak Tegas

Senin, 14 Februari 2022 | 18:42 WIB
header img
Kapolres Tasikmalaya Kota: Berbuat Pidana, Geng Motor akan Ditindak Tegas. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda).

TASIKMALAYA, iNews.id – Keberadaan geng motor yang sudah sangat meresahkan masyarakat Kota Tasikmalaya menjadi perhatian serius Polres Tasikmalaya Kota.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, pihaknya akan menindak tegas segala bentuk tindak pidana yang dilakukan oleh gerombolan geng motor.

Ia menyebut, beberapa kasus perilaku geng motor yang selama ini terjadi sudah dilakukan penegakan hukum atau kegiatan yang bersifat represif oleh Tim Maung Galunggung maupun juga oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota.

“Beberapa waktu yang lalu ada geng motor yang membawa senjata tajam dan itu diproses secara pidana dikenakan undang-undang darurat oleh penyidik dari satreskrim,” ujar Aszhari, Senin (14/2/2022).

Orang nomor satu di Polres Tasikmalaya Kota itu menjelaskan, dibentuknya Tim Maung Galunggung berawal dari kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anggota geng motor kepada korban yang menyebabkan meninggal dunia.

“Saya jamin akan saya proses secara hukum yang berlaku perilaku geng motor yang melakukan tindak pidana,” tegasnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga telah melakukan upaya-upaya dalam penanganan geng motor di Kota Tasikmalaya. Upaya yang dilakukan melalui kegiatan preemtif berupa himbauan-himbauan yang dilakukan oleh personel Polres Tasikmalaya Kota maupun setingkat polsek.

“Kita berikan arahan-arahan ke masyarakat, pihak sekolah agar anak-anak didiknya menjauhi perilaku geng motor,” ucapnya.

Langkah selanjutnya, dikatakan Aszhari, yakni dengan upaya preventif atau pencegahan berupa penjagaan di mana personel baik dari lalu lintas maupun sabhara melakukan patroli di jalan-jalan atau daerah yang memang dinilai rawan keberadaan geng motor.

“Kalau ada yang dicurigai sebagai gerombolan geng motor ya kita amankan dan lakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Aszhari menambahkan, upaya-upaya kegiatan preemtif dan preventif telah dilakukan sehingga upaya selanjutnya yakni upaya refresif. Geng motor yang berperilaku tindak pidana akan ditindak dengan tegas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya pastikan akan menindak tegas geng motor yang berbuat tindak pidana,” tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut