get app
inews
Aa Read Next : Jalan Sehat Dies Natalis ke-46 dan PTN Unsil Tasikmalaya ke-10

MTQ XIV Tingkat Kota Tasikmalaya Resmi Ditutup, Kecamatan Purbaratu Pertahankan Gelar Juara Umum

Sabtu, 03 Februari 2024 | 11:45 WIB
header img
MTQ XIV Tingkat Kota Tasikmalaya Resmi Ditutup, Kecamatan Purbaratu Pertahankan Gelar Juara Umum. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Puncak perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2024 di halaman SMA Al-Mutaqin, Jalan Siliwangi, Kecamatan Tawang berlangsung sukses dan meriah, Jumat (2/2/2024) malam.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 30 Januari - 2 Februari 2024 dengan diikuti sebanyak 412 peserta dari 10 kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya secara resmi ditutup Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Pada acara penutupan MTQ XIV tingkat Kota Tasikmalaya itu, Kecamatan Purbaratu berhasil mempertahankan gelar sebagai juara umum dengan perolehan nilai tertinggi yakni sebanyak 76 poin.

Usai menerima penghargaan, Camat Purbaratu Yogi Subarkah mengaku bangga atas pencapai yang dipersembahkan seluruh kafilah yang mengikuti perlombaan MTQ XIV tingkat Kota Tasikmalaya ke XIV hingga bisa bisa kembali menjadi juara umum. Menurutnya, keberhasilan tersebut adalah keberhasilan seluruh masyarakat Kecamatan Purbaratu, terutama atas bimbingan LPTQ.

"Alhamdulillah tentunya atas pencapaian yang masih kita pertahankan dengan menjadi juara umum. Sebenarnya itu doa juga dari para ulama dan tokoh masyarakat Purbaratu," kata Yogi.

Guna mempertahakan gelar tersebut, Yogi menyebut, Kecamatan Purbaratu akan terus melakukan pembinaan yang bekerja sama dengan LPTQ tingat kecamatan.

"Seperti biasa kami bekerja sama dengan LPTQ untuk melakukan pembinaan. Mudah-mudahan yang jadi juara bisa mempertahankan dan yang belum mudah-mudahan tahun depan bisa jadi juara," tuturnya.

Yogi menuturkan, jika kafilah perwakilan Kecamatan Purbaratu ada yang terpilih untuk mewakili Kota Tasikmalaya ditingkat Provinsi Jawa Barat, dirinya akan terus mensupport dengan sepenuh tenaga.

"Kebanggaan dari kami dan tentunya tugas kami dengan LPTQ, para tokoh agama dan lain-lain terus membimbing dan memberikan support," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengucapkan selamat kepada para kafilah yang telah berhasil menjadi juara.

Cheka berpesan, kepada seluruh qori dan qori'ah untuk terus mengasah kemampuan dan skil membaca yat suci Al-Qur'an.

"Hakikatnya juara adalah bonus, yang terbaik adalah bagaimana proses ini bisa menjadi memperbaiki diri kita dan organisasi kita, termasuk keluarga kita dan khususnya Kota Tasikmalaya," ucap Cheka.

Cheka berharap, dari gelaran MTQ ini mampu menyadarkan semua masyarakat untuk lebih mencintai, membaca, dan mengamalkan ayat suci Al-Qur'an kepada seluruh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

"Proses yang kita lakukan hari ini dan beberapa hari kebelakang itu bisa menjadi pembelajaran untuk terus memperbaiki diri sehingga suatu saat kita memasuki jenjang yang lebih tinggi atau ikut perlombaan lebih besar level provinsi atau nasional kita sudah menjadi jauh lebih baik dari saat ini yang kita miliki," tandas Cheka.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut