get app
inews
Aa Read Next : Ugal-ugalan di Jalan, Pemuda di Banjar yang Diduga Anggota Geng Motor Diamuk Massa

Bhabinkamtibmas Polsek Cihideung Berikan Himbauan pada Pelajar Terkait Knalpot Brong dan Geng Motor

Rabu, 10 Januari 2024 | 09:09 WIB
header img
Bhabinkamtibmas Polsek Cihideung Berikan Himbauan pada Pelajar Terkait Larangan Penggunaan Knalpot Brong dan Geng Motor. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Polsek Cihideung Polres Tasikmalaya Kota, aktif melakukan pembinaan dan himbauan terkait masalah knalpot bising (brong) dan geng motor di wilayah Kota Tasikmalaya

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preemtif dan preventif yang diambil pihak kepolisian untuk mengatasi gangguan kamtibmas yang disebabkan oleh kebisingan dan perilaku kelompok motor.

Kapolsek Cihideung AKP Erustiana menjelaskan, bahwa kegiatan pembinaan dan himbauan ini merupakan langkah preemptif Polsek Cihideung dalam menanggulangi permasalahan geng motor di Kota Tasikmalaya. 

Pihak kepolisian berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga.

"Kita terus melakukan langkah-langkah preemtif dan preventif agar dapat menekan aksi geng motor yang kerap kali meresahkan masyarakat. Salah satu fokus kita adalah mengatasi knalpot brong yang sering menjadi penyebab gangguan ketertiban," ujar AKP Erustiana, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, pembinaan ini dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah dan lokasi-lokasi yang kerap dijadikan tempat berkumpulnya geng motor. 

"Bhabinkamtibmas memberikan pemahaman kepada para pemilik motor terkait aturan lalu lintas dan dampak negatif knalpot bising bagi lingkungan dan kesehatan," ungkapnya. 

Selain itu, pihak kepolisian juga memberikan himbauan agar kelompok motor dapat menjaga perilaku yang sesuai dengan norma dan etika sosial. 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pentingnya mendukung ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat.

"Kami tidak hanya berfokus pada penindakan, tetapi juga memberikan pendekatan sosial dan pembinaan kepada para pemuda agar mereka memahami dan menginternalisasi norma-norma kehidupan bermasyarakat," tambah AKP Erustiana.

Upaya pencegahan ini diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya aksi kenakalan remaja dan konflik di wilayah tersebut. 

Kehadiran bhabinkamtibmas dalam melakukan pembinaan dan himbauan juga bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat, sehingga terjalin kerjasama yang erat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Mudah-mudahan ini upaya ini dapat meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas yang diakibatkan oleh knalpot brong dan geng motor,"tambahnya. 

AKP Erustiana menegaskan, ketika upaya preemptif dan preventif sudah dilakukan dan masih membandel, maka pihak kepolisian akan melakukan upaya refresif berupa penegakan hukum. 

"Ya kalau masih membandel, kita lakukan penegakan hukum berupa tilang, dan kendaraan yang berknalpot brong akan dikandangkan sebulan di mako untuk memberikan efek jera," tegasnya. 

Ia menambahkan, upaya pembinaan dan himbauan mengenai larangan penggunaan knalpot brong dan geng motor ini dilakukan di seluruh sekolah baik tingkat SMP dan SMA maupun SMK yang ada di wilayah hukum Polsek Cihideung. 

"Para bhabinkamtibmas terus bergerak ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Cihideung untuk melakukan pembinaan dan himbauan kamtibmas," pungkasnya. 

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut