get app
inews
Aa Read Next : Politik Uang dan Hukum Menerima Sogokan Pemilu dalam Perspektif Islam

KPU Siapkan 2 TPS Khusus di Lapas Kelas IIB Tasikmalaya pada Pemilu 2024

Rabu, 10 Januari 2024 | 07:47 WIB
header img
KPU Siapkan 2 TPS Khusus di Lapas Kelas IIB Tasikmalaya pada Pemilu 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tasikmalaya pada Pemilu 2024.

"Untuk Pemilu 2024 nanti, kami siapkan dua TPS khusus di Lapas Kelas IIB Tasikmalaya," kata Ketua KPU Tasikmalaya Asep Rismawan saat dihubungi iNewsTasikmalaya belum lama ini. 

Asep menuturkan, hadirnya TPS di lapas guna memberikan kemudahan bagi warga binaan untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti.

"Tentunya kami ingin memberikan kemudahan bagi mereka yang ada dalam tahanan yang mempunyai hak suara untuk menentukan pilihannya," ujar Asep.

Soal kotak suara, Asep menyebut, bentuknya sama saja seperti TPS-TPS yang lain, akan tetapi nantinya diperketat terkait dengan jumlah surat suara yang diberikan ke pemilih yang ada di lapas.

"Kalau kotak suara sama, cuma nanti itu diperketat terkait dengan jumlah surat suara yang diberikan ke pemilih yang ada di lapas, jumlahnya kemungkinan ada banyak Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dia bukan orang asli Tasik, atau dia bukan dapil tersebut gitu," jelasnya.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan, Asep menyebut, para petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan terlebih dulu melakukan sosialisasi baik kepada penghuni lapas maupun masyarakat lainnya.

"Sebelum hari H, KPPS punya tugas untuk memberikan informasi terkait dengan hari pemungutan suara, termasuk di lapas pun itu akan dilakukan," paparnya.

"Kalau jumlah KPPS sesuai dengan jumlah itu, 7 anggota KPPS dan 7 orang terdiri dari ketua dan anggota, dan dua tenaga keamanan, jadi sama hal nya dengan TPS-TPS yang di luar lapas," pungkasnya.

Humas Lapas Kelas IIB Tasikmalaya, Altu mengatakan, setidaknya ada 460 orang yang berada di lapas yang mempunyai hak suara.

"Penghuni hari ini 460 orang kang. Betul kang, semua punya hak pilih dan melekat," kata Altu pada Senin (8/1/2024).

Pada Pemilu 2024, Altu menuturkan, Lapas Kelas IIB Tasikmalaya terus melakukakn koordinasi dengan petugas KPU Kota Tasikmalaya. Yang mana, untuk TPS di lapas sudah disiapkan sejak dari jauh hari.

"Dari jauh hari sudah disiapkan untuk TPS nya termasuk koordinasi sama KPU terkait data pemilih dan sebagainya, untuk lapas disiapkan TPS khusus digelar di kantor untuk nanti pemilihan. Koordinasi sama KPU termasuk dukcapil untuk data warga yamg ada di dalam lapas," tandasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut